Utamakan Pembentukan Karakter Siswa

Utamakan Pembentukan Karakter Siswa

Utamakan Pembentukan Karakter Siswa

Utamakan Pembentukan Karakter Siswa
Utamakan Pembentukan Karakter Siswa

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara serentak dilakukan sejumlah sekolah

yang ada di Kota Bogor, kemarin. Kebanyakan para sekolah lebih menitik beratkan kegiatan MPLS ini dengan membentuk karakter para siswa yang berlandaskan religius. Hal itu seperti yang dilakukan SMP Negeri 12 dan 20 Kota Bogor. “Kami lebih menekankan kepada pembentukan karakter yang berlandaskan religius agar mereka menjadi siswa yang pintar dan berakhlaq mulia,” kata Kepala SMP N 12, Suhendar diruang kerjanya.

Dengan demikian, menurutnya, diharapkan para siswa baru tahun ajaran 2018/2019 akan lebih memahami keutamaan tentang makna sholat yang wajib mereka laksanakan setiap hari baik selama MPLS maupun selama mereka menuntut ilmu di SMPN 12. “Mereka itu, baik siswa atau siswi wajib melaksanakan sholat dhuha dan dhuhur bersama selama mengikuti MPLS,” ujarnya seraya berharap agar pelaksanaan MPLS berjalan lancar dan peserta didik baru bisa mengikuti MPLS dengan aman dan nyaman serta menjadi siswa yang berakhlaq mulia.

Sementara itu, hal serupa dilakukan SMP Negeri 20 Kota Bogor. Mereka mengutamakan

pembentukan karakter terhadap peserta didik barunya. “Intinya pendidikan tanpa kekerasan,” kata Ketua Pelaksana MPLS SMP Negeri 20, Subandi kepada Metropolitan, kemarin.

Tak hanya itu, sambungnya, pihaknya juga mengajari peserta didik baru tentang Pola Hidup

Bersih Sehat (PHBS) dan beberapa hal lainnya. Seperti, menanamkan disiplin, jujur, religius, bekerja keras, kreatif mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, samangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial serta bertanggungjawab. “Paling utama kita juga memberikan penyuluhan tentang bahaya narkoba,” ujarnya.(dod/tur/rul/ar/rez)

BENTUK KARAKTER: Sejumlah siswi baru SMP N 12 Kota Bogor tengah menjalankan ibadah Solat Dzuhur usai mengikuti kegiatan MPLS, kemarin.

 

Sumber :

https://www.artstation.com/ahmadali88/blog/nQDM/history-of-the-statue-of-liberty