Upaya Meningkatkan Pendidikan TK

Upaya Meningkatkan Pendidikan TK

Upaya Meningkatkan Pendidikan TK

Upaya Meningkatkan Pendidikan TK

Usaha meningkatkan kualitas TK merupakan hal yang senantiasa terus berkembang dalam dunia pendidikan TK. Banyak TK saling memperbaiki diri untuk meningkatkan kualitasnya dengan cara-cara yang sudah dikenal maupun dengan cara-cara inovatif. Perkembangan kualitas dan kuantitas TK dari tahun ke tahun cukup menggembirakan, yang dirasakan bagi orang tua dan masyarakat yang membutuhkan wadah pendidikan prasekolah khususnya bagi anak usia TK.

Ada beberapa pertimbangan yang dapat dijadikan pedoman untuk meningkatkan kualitas TK. Hal ini berkaitan dengan berbagai aspek penyelenggaraan penidikan TK.

Kurikulum

Kurikulum merupakan perangkat sebagai pegangan dan alat untuk mencapai tujuan TK. Masyarakat akan memilih tentang kurikulum yang berlaku di suatu TK. Meskipun ada kurikulum yang baku bagi TK. Pada TK-TK tertentu memiliki ciri khas yang manarik sesuai dengan cita-cita dari orang tua. Contohnya ada TK Islam, TK Kristen, TK Nasional, dan sebagainya. Disamping kurikulum yang baku, TK tersebut memiliki program tambahan yang menjadi daya tarik orang tua untuk memasukkan anaknya ke TK tersebut, misalnya ada tambahan belajar membaca Al Qur’an, marching band, komputer, dan lain-lain.

Sarana dan Prasarana

TK yang berkualitas antara lain ditandai TK tersebut memiliki sarana dan prasarana lengkap. Sarana prasarana tersebut meliputi : gedung TK, halaman yang memenuhi syarat, sanitasi bersih, sikulasi udara baik dan cukup penerangan. Saat ini banyak TK telah dilantai keramik untuk menambah daya tarik TK yang bersih dan tidak kumuh.

Pengaturan Pusat Kegiatan di dalam dan diluar

Sarana dan prasarana memang sangat vital di pendidikan TK. Faktor penunjang ini perlu didesain dalam tata ruang kegiatan bermain yang baik dan menarik. Untuk itu guru TK dituntut untuk berkreativitas sehingga suasana belajar tidak menjemukkan dari tahun ke tahun.

Baca juga: https://www.seputarpengetahuan.co.id/2020/03/teks-proklamasi.html

Ketenagaan (guru)

Masyarakat menghendaki guru yang mengajar di TK tersebut berkualitas. Untuk itu jenjang pendidikan untuk guru TK disejajarkan dengan syarat minimal guru SD yaitu D2. Selain itu guru perlu memiliki banyak pengalaman pendidikan dan pelatihan. Saat ini jenjang pendidikan untuk guru TK telah ditingkatkan hingga S1.

Kegiatan di TK

Kegiatan di TK yang menarik saat ini adalah kegiatan “calistung” (baca tulis hitung). Banyak pejabat pendidikan konservatif menganggap calingtung belum perlu diajarkan di TK. Akan tetapi pemikiran yang telah ketinggalan jaman ini sudah banyak ditinggalkan oleh lembaga pendidikan TK. Alasannya dari segi psikologi pendapat itu tidak ilmiah, selanjutnya anak akan lebih cepat menyerap ilmu pengetahuan, dan saat ini banyak SD yang mengharapkan lulusan TK minimal sudah bisa membaca.

Untuk itu banyak program yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan TK yang dilakukan secara khusus yaitu : berhitung sederhana, sempoa, membaca pada usia dini, dan komputer. Terbukti saat ini lebih banyak anak kecil bisa membaca cepat dan mendapatkan ilmu lebih awal.