Unduh Aplikasi UTBK SBMPTN dari Jauh Hari

Unduh Aplikasi UTBK SBMPTN dari Jauh Hari

Unduh Aplikasi UTBK SBMPTN dari Jauh Hari

Unduh Aplikasi UTBK SBMPTN dari Jauh Hari
Unduh Aplikasi UTBK SBMPTN dari Jauh Hari

Menristekdikti Mohamad Nasir meminta Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi

(LTMPT) untuk menginstal dan mengunduh soal tes jauh hari sebelum pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN). Tujuannya untuk mengantisipasi traffic data yang padat akibat aktivitas pusat UTBK se-Indonesia dalam mengunduh soal.

Menurut Nasir, jika koneksi internet bermasalah, akibatnya akan mengganggu persiapan tes. ”Paling utama soal sudah harus didwonload. Jadi pada saat hari H tes UTBK tidak terjadi masalah,” kata mantan rektor Universitas Diponegoro (Undip) itu.

Nasir meninjau simulasi UTBK di lokasi tes kampus Undip

, Semarang, Sabtu (9/3) lalu. Menteri 58 tahun asal Ngawi tersebut didampingi Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto, Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Yos Johan Utama, dan Koordinator UTBK Undip Agus Sofian.

Budi menuturkan, pihaknya sudah melakukan tahapan yang terstruktur agar UTBK berjalan lancar dan aman. Dia juga menjamin internet tidak akan eror saat digunakan menginstal aplikasi dan mengunduh soal.

”Apa yang disampaikan pak menteri tidak salah, namun

tidak mungkin mengunduh soal sekarang. Yang jelas, kami sudah lakukan uji coba. Semua lancar,” terang dia.

Budi enggan bicara ketika disinggung kapan waktu mengunduh soal. Hal tersebut demi keamanan dan mengantisipasi adanya kebocoran soal. ”Maaf itu rahasia. Tidak mungkin kami sampaikan ke publik,” tegasnya.

Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut menjamin tes akan fair. Menurut dia, semua pemuda memiliki kesempatan yang sama untuk masuk ke perguruan tinggi negeri.

 

Sumber :

https://balad.org/pengertian-dan-metode-pidato/