Tugas Mulok Pertanian kelas 9

Tugas Mulok Pertanian kelas 9

Tugas Mulok Pertanian kelas 9

Tugas Mulok Pertanian kelas 9
Tugas Mulok Pertanian kelas 9

1.)5 macam Manfaat mempelajari Mulok Pertanian?

Jawab    :
1.Adapun tujuan umum bahan kajian pertanian agar siswa memiliki kemampuan dasar, pengetahuan dan keterampilan cara bertani dan buudidaya tanaman yang baik dan benar sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan serta tingkat pengalaman siswa .
2.Secara khusus siswa diharapkan memahami berbagai jenis tanaman menurut penggolongan, penyediaan lahan, pembibitan, cara menanam, cara memberikan pupuk dan memanen.
3Selain itu siswa juga diharapkan dapat mempunyai wawasan yang dapat diterapkan dalam praktik, dengan cara yang lebih modern dan lebih efektif sehingga dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat.
4.Siswa agar kelak mengembangkan ekonomi melalui pertanian tidak selalu berharap menjadi di perkantoran.
5.Tingkat kemampuan berpikir siswa menyajikan bahan kajian yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir dari tingkatan konkret sampai dengan tingkatan abstrak.didalam pertanian

2.)Mengapa para petani lebih memilih perkembang biakan vegetative dari pada generative?

Jawab    :
•    Sifat tanaman baru akan sama persis dengan sifat tanaman induk.
•    Cepat menghasilkan buah.

3.) Mana yang lebih baik, antara perkembangbiakan tanaman stek dan cangkok ? Ssebutkan alasannya menurut kalian?

Jawab    :
Keuntungan pembibitan dengan sistem cangkok:
•    Produksi dan kualitas buahnya akan persis sama dengan tanaman induknya.
•    Tanaman asal cangkok bisa ditanam pada tanah yang letak air tanahnya tinggi atau dipematang kolam ikan.Kerugian bibit dari cangkok sebagai berikut:

Pada musim kemarau panjang tanaman tidak tahan kering.
  • Tanaman mudah roboh apabila ada angin kencang karena tidak berakar tunggang.
  •  Pohon induk tajuknya menjadi rusakkarena banyak cabang yang dipotong.
  •  Dalam satu pohon induk Anda hanya bisa mencangkok beberapa batang saja, sehingga perbanyakan tanaman dalam jumlah besar tidak bisa dilakukan dengan cara ini.
  • Keuntungan bibit dari setek adalah:
  • Tanaman buah-buahan hasil setek akan mempunyai sifat yang persis sama dengan induknya, terutama dalam hal bentuk buah, ukuran, warna, dan rasanya.
  • Tanaman asal setek ini bisa ditanam pada tempat permukaan air tanahnya dangkal, karena tanaman asal setek tidak mempunyai akar tunggang.
  • Perbanyakan tanaman buah dengan setek merupakan cara perbanyakan yang praktis dan mudah dilakukan.
  • Setek dapat dikerjakan dengan cepat, murah, mudah dan tidak memerlukan teknik khusus seperti pada cara cangkok dan okulasi.

4.) Kelemahan perkembangbiakan pada stek?

Jawab    :
  • Perakaran dangkal dan tidak ada akar tunggang, saat terjadi angin kencang tanaman menjadi mudah roboh.
  • Apabila musim kemarau panjang, tanaman menjadi tidak tahan kekeringan.
5.)Apa kelebihan dari system tanaman dengan cara merunduk?
Jawab :
Keuntungan merunduk :
1. Sifat buah atau bunga sama dengan induknya, dapat menghasilkan individu baru dengan cepat.
2. Tingkat keberhasilan tinggi.6.)Sebutkan 6 tanaman obat beserta fungsi yang kalian ketahui?
Jawab :

  1. Seledri (Apium Graviolens)seledri bisa dipakai sebagai Obat Asam Urat.
  2. Blustru (Luffa Aegyptica Mill) Blustru atau yang biasa disebut Ketela Manis ( Di Sunda disebut Lapang Oyom atau di Palembang disebut Hurung Jawa) merupakan obat sebagai Obat Asma,
  3. Belimbing Wuluh
  4. Belimbing wuluh bermanfaat untuk mengobati gusi berdarah, obat rematik, obat godongan, obat sariawan, obat pegel linu serta bisa digunakan sebagai obat sakit gigi.
  5. Lidah Buaya (Aloe Vera) Lidah buaya obat kangker
  6. Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza)Temu lawak Obat Kanker Hati,
7.)Sebutkan  5 perkakas pertanian yang kalian ketahui beseta fungsinya?
Jawab    :
Perkakas Tradisional
1. Cangkul ( bahasa Jawa : pacul ) dan fungsinya
Cangkul digunakan atau berfungsi untuk menggali, membersihkan tanah dari rumput ataupun untuk meratakan tanah. Cangkul masih digunakan hingga kini. Pekerjaan yang lebih berat biasanya menggunakan bajak. Cangkul biasanya terbuat dari kayu dan besi.
Dalam hubungannya dengan persiapan tanam benih padi, cangkul digunakan untuk menggali bagian tepi/pinggir sawah atau dalam istilah bahasa Jawa disebut pekerjaan minggiri sawah. Fungsi sawah dipinggiri sebelum dibajak menggunakan garu dan atau traktor adalah agar bagian tepi sawah juga ikut gembur, dikarenakan alat garu maupun traktor tidak bisa maksimal untuk menjangkau tepian sawah.2. Parang
Parang adalah senjata tajam yang terbuat dari besi biasa. Bentuknya relatif sederhana tanpa pernak pernik. Kegunaannya adalah sebagai alat potong atau alat tebas (terutama selak belukar) kala penggunanya keluar masuk hutan. Parang juga digunakan untuk pertanian.

Dalam pertanian sawah, parang digunakan untuk membabat rumput yang berada di pematang sawah. Kegiatan ini oleh orang Jawa disebut dengan istilah “nampingi”

3. Garu dan fungsinya serta cara kerjanya/penggunaannya

Garu adalah alat pembajak sawah atau ladang yang terbuat dari bahan kayu. Kayu yang digunakan sebagai bahan pembuat garu yaitu kayu yang sifanya keras dan awet seperti kayu jati, sono keling/angsana, kayu laban, dan jenis kayu keras lainnya.

4. Ani-ani dan fungsinya
Ani-ani atau ketam adalah sebuah pisau kecil yang dipakai untuk memanen padi. dengan penggunaan sebuah clurit atau arit, tidak semua batang ikut terpotong. Dengan demikian, bulir yang belum masak tidak ikut terpotong.

5. Sabit/ Arit dan fungsinya
Sabit, arit,adalah alat pertanian berupa pisau melengkung menyerupai bulan sabit. Meskipun bentuknya sama, secara bahasa arit dan sabit cenderung merujuk pada alat pertanian. Fungsi sabit adalah untuk membabat/memotong rumput dan juga untuk memotong batang tanaman padi ketika panen.

Perkakas Pertanian Moderen
1.Rotavator
Rovaktor adalah alat yang gunakan untuk pengolahan tanah pertama dan bisa yang kedua. Awal yaitu, ketika mulai memotong, mencacah dan membolak balik tanah, dan di katakan kedua ketika mulai merapikan tanah, menghancurkan tanaman pengganggu memperbaiki tata air.

Mesin Tanam
5. Mesin Pemanen kentang

8.)Jika kalian diberi peluang untuk berwirausaha, dengan diberikan 1 hektare lahan tanaman apa yang akan anda kembangkan? Sertai dengan alasan keunggulan dan keuntungan yang anda raih ?
Jawab    :
Saya akan kembangkan wirausaha sistem pola tanam padi jajar legowo

Sistem budidaya padi dan ikan secara sekaligus dalam satu lahan memang belum terlalu populer di Indonesia. Meski sudah dikembangkan sejak Oktober 2015 dan menuai pujian dari dunia internasional, kenyataannya teknik budidaya untuk pertanian dan perikanan secara sekaligus itu belum terlalu diminati banyak petani padi dan ikan,terutama didaerah kita Rejang Lebong.
Padahal, saat ini negara lain seperti Laos dan Filipina sudah menyatakan ketertarikan pada sistem mina padi dan akan menggunakan teknik tersebut dalam pertanian budidaya di negara masing-masing. Kedua negara tersebut saat ini tengah mempelajarinya secara langsung di Indonesia.
Jika ada yang belum paham apa itu mina padi, itu adalah sistem penggabungan teknik budidaya pertanian dan perikanan dengan memanfaatkan air yang menggenangi areal pesawahan. Selain ada tanaman padi, di dalam areal sawah yang sama, terdapat juga budidaya ikan air tawar dengan memanaatkan genangan air sebagai kolam budidaya.
Keunggulannya Yaitu :
padi dan ikan. Itu jelas sangat menguntungkan dan dibutuhkan oleh warga Indonesia,” dengan sistem kluster dan menggunakan pola tanam padi jajar legowo.
Sistem tersebut, menurut pendapat saya, tujuannya adalah untuk meningkatkan populasi tanaman dengan cara mengatur jarak tanam dan memanipulasi lokasi dari tanaman yang seolah-olah tanaman padi berada di pinggir (tanaman pinggir) atau seolah-olah tanaman lebih banyak berada di pinggir.
Menurut pendapat saya, sistem pola tanam padi jajar legowo bisa menambah penghasilan petani hingga mencapai USD1.700 atau setara Rp22 juta dengan kurs USD Rp13.000 per hektar per musim tanam. Jumlah tersebut sangat besar, karena jika lahan ditanami padi saja, maka keuntungan per hektare mencapai Rp10 juta saja.
“Keuntungannya yaitu:
Dari inovasi mina padi berbasis kluster antara lain resiko serangan hama sangat rendah,  nol pestisida,  penggunaan pupuk kimia berkurang signifikan, pendapatan yang lebih tinggi,”
9.)Kandungan zat buah mengkudu sangat baik bagi tubuh, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut : 
1. Zat Terpenoid – Kandungan zat terpenoid pada mengkudu membantu proses sintesis organic yang berguna untuk pemulihan sel-sel tubuh.
2.Kandungan Nutrisi – Protein, vitamin dan mineral yang penting dengan lengkap didapat dari buah mengkudu. Antioksidan bernama selenium yang terdapat pada buah mengkudu merupakan salah satu jenis antioksidan yang hebat.
3.Zat anti kanker – Kandungan zat-zat anti kanker di dalam buah mengkudu sangat efektif untuk melawan sel-sel abnormal, yang menjadikan timbulnya masalah gejala kanker.
10.)Sebutkan teknik perkembangbikan tanaman beserta manfaatnya?
Jawab:
Merunduk juga dapat dilakukan dengan dua cara. Yaitu dengan cara Merunduk biasa dan Merunduk majemuk.
1. Merunduk biasa : Cabang tanaman dirundukkan dan ditimbun dengan tanah, kecuali ujung cabangnya. Setelah membentuk akar, cabang atau batangnya dipotong, sehingga diperoleh tanaman baru. Cara ini dapat dikerjakan pada mawar, jambu air, dan arbei, tebu.
2. Merunduk majemuk : Seluruh batang dirundukkan kemudian ditimbuni tanah pada beberapa tempat atau seluruh tempat. Cara ini dapat dikerjakan pada tanaman soka dan anggur.Manfaat  merunduk :

  • Sifat buah atau bunga sama dengan induknya,
  • dapat menghasilkan individu baru dengan cepat.Tingkat keberhasilan tinggi.

(http://www.tribunnews.com/member/ojelhtcmandiri/)