Surat Menyurat dengan Berbagai pihak yang terkait dengan Penyelenggaraan Pendidikan (The Written Word)

Surat Menyurat dengan Berbagai pihak yang terkait dengan Penyelenggaraan Pendidikan (The Written Word)

Surat menyurat sudah sering dilakukan oleh setiap lembaga pendidikan, selain biaya yang cukup murah, teknik ini dianggap mampu dilakukan setiap lembaga yang sederhana maupun lembaga yang sudah besar perkembangannya. Teknik yang digunakan sebagai alat komunikasi oleh lembaga pendidikan adalah  telepon, internet, faksimil, e-mail, dan sebagainya karena prosesnya cepat, pelaksanaannya mudah, dan dapat dilakukan sewaktu-waktu.Menurut Maisyaroh dalam Benty dan Gunawan (2015:91), teknik untuk meningkatkan keterlibatan berbagai pihak dalam menyelenggarakan pendidikan antara lain:

  1. Layanan Masyarakat

Pihak lembaga pendidikan harus mampu mempelajari kebutuhan masyarakat, melihat dan menganalisis sesuatu yang bisa dilakukan lembaga pendidikan untuk membantu memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

 

 

  1. Program Pemanfaatan Alumni Sekolah

Para alumni bisa diikutsertakan dalam kegiatan sekolah dengan tujuan untuk peserta didik berhasil dalam menempuh karir, bersemangat dalam belajar, dan meningkatkan kemampuan peserta didik tersebut.

  1. Masyarakat sebagai Model

            Masyarakat disekitar sekolah diundang ke sekolah dengan tujuan untuk menjelaskan kepada siswa kiat sukses kehidupannya. Dengan adanya masyarakat tersebut mampu meningkatkan pemahaman kepada peserta didik mengenai hal-hal yang menjadi kebutuhan bagi peserta didik sendiri.

  1. Open House

            Lembaga pendidikan dengan terbuka bersedia diobservasi oleh masyarakat, agar masyarakat tersebut mampu melihat secara langsung proses dan sarana pendidikan di lembaga pendidikan tersebut.

  1. Pemberian kesempatan kepada masyarakat

            Lembaga pendidikan memberi kesempatan kepada masyarakat secara sukarela untuk membantu kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh lembaga pendidikan tersebut.

  1. Pengiriman pembicara

            Anggota staf lembaga pendidikan yang mau melakukan promosi diberi kesempatan untuk mempromosikan program dan prestasi lembaga pendidikan ke masyarakat pengguna lulusan.

  1. Masyarakat sebagai sumber informasi

Masyarat menjadi sumber informasi bagi pihak lembaga pendidikan mengenai isu-isu hangat terkait dengan pengembangan lembaga tersebut.

  1. Diskusi panel

            Siswa, orang tua, staf dan pekerja mengadakan pertemuan untuk menindaklanjuti kegiatan-kegiatan yang terkait antara hubungan lembaga pendidikan dengan masyarakat.

Sekolah juga dapat menerapkan beberapa teknik dalam hubungan dengan masyarakat dalam lembaga pendidikan yaitu :

sumber :