Sekilas Tentang Tanaman Mengkudu

Sekilas Tentang Tanaman Mengkudu

Sekilas Tentang Tanaman Mengkudu

Sekilas Tentang Tanaman Mengkudu
Sekilas Tentang Tanaman Mengkudu

Tanaman Buah mengkudu ini adalah tumbuhan yang tumbuh pada dataran Rendah, Dan ketinggianya hingga mencapai 1500 m. Dan tinggi pohonya mencapai 3 Hingga 8 meter. Dan memiliki buah bonggol yang berwarna putih, Juga buahnya merupakan buah majemuk.

Pohon mengkudu

Pohon mengkudu tidak terlalu besar, Dan tinggi antara 4-6 m. Batangnya Bengkok-bengkok. Berdahan kaku, Kasar dan memiliki akar tunggang yang tertancap sangat dalam. Kulit batang coklat Keabu-abuan Atau coklat kekuning-kuningan. Berbelah dangkal Tidak berbulu, Dan anak cabangnya Bersegi empat, Tajuknya Suklalu hijau sepanjang tahun. Dan kayunya mudah sekali dibelah setelah dikeringkan. Juga bisa di gunakan untuk menopang tanaman Lada.

Daun Mengkudu

Berdaun tebal yang mengkilap, Daun mengkudu terletak Berhadap hadapan, Ukuran daunya Besar-besar, Tebal dan tunggal, Bentuknya jorong-lanset, Berukuran 15-50 x 5-17 cm. Tepi daunya rata, Ujung lancip pendek, Berukuran 0,5 -2,5 cm, Ukuran daun menumpu yng bervariasi, Berbentuk segitiga lebar, Dan daun mengkudu ini dapat di makan untuk sayuran, Bernilai gizi yang cukup tinggi karena banyak mengandung Vitamin A. Ada juga yang mengatakan bisa menyembuhkan Ambein.

Bunga Mengkudu

Bunganya tersusun majemuk, Perbungaan bertipe bongkol bulat, Dan bertangkai 1-4 cm, tumbuh di ketiak daun menumpu yang berhadapan dengan daun yang tumbuh Normal. Bunga banci, Mahkota bunga putih, Berbentuk corong, Panjang bisa mencapai 1,5 cm. Dan benang sari tertancap di mulut mahkota, Kepala putik berputing dua, Bunga mekar dari kelopak yang berbentuk seperti tandan, Bunganya putih dan harum.

Buah Mengkudu

Buah majemuk, Terbentuk dari Bakal-bakal buah yang menyatu dan bongkol di bagian dalamnya, Dan perkembangan buah bertahap mengikuti proses pemekaran bunga yang di mulai dari bagian ujung bongkol menuju ke pangkal. Diameter 7,5 -10 cm. Permukaan buah majemuk seperti terbagi dalam Sekat-sekat poligonal Atau (Segi banyak) Yang berbintik-bintik dan berkutil yang berasal dari sisa bakal buah Tunggalnya. Berwarna hijau ketika mengkal, Menjelang masak menjadi warna putih Kekuning-kuningan, Dan akhirnya berwarna putih pucat ketika masak.

Daging Buah Mengkudu

Daging buah lunak, Tersusun dari buah buah batu yang berbentuk piramida dengan dengan daging buah berwarna putih, terbentuk dari masokap, Daging buah banyak mengandung air yang beraroma seperti keju yang busuk atau bau kambing yang timbul karena percampuran antara asam kaprat atau (Asam lemak dengan sepuluh atom karbon), (C10) Asam Kaproat (C6) Dan asam kaprilat (C8) Di duga kedua senyawa terakhir bersifat Antibiotik aktif.

Bagian dari tanaman atau tumbuhan mengkudu tersebut memang sangat sering di manfaatkan adalah dari bagian buahnya, Dan di dalam buah mengkudu ini terdapat kandungan kaya akan Zat-zat yang berfungsi dan sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Nah berikut di bawah ini Kandungan atau Zat-zat yang berfungsi untuk kesehatan tubuh manusia.

 

Sumber: https://www.duniabudidaya.co.id