SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI TURKI

SEJARAH UMAT ISLAM MODERN DI TURKI

Letak Geografis Turki

Republic Turki sebuah negara yang besar yang terletak di kawasan Eurasia, terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya dan daerah Balkan di Eropa Tenggara. Turki berbatasan dengan Laut hitam di sebelah Utara, Bulgaria di sebelah Barat laut, Yunani dan Laut Aeega di sebelah Barat, Georgia di Timur laut, Armenia , Azerbeijan, dan Iran di sebelah Timur, Irak dan Suriah di Tenggara, dan Laut Mediterania di sebelah Selatan. Laut Marmara yang merupakan bagian dari Turki digunakan untuk menandai batas wilayah Eropa dan Asia, sehingga Turki di kenal sebagai negara transcontinental.
Ibu kota : Ankara.
Bahasa resmi : Turki.
Presiden : Recep Tayyip Erdogan.
Wakil Presiden : Fuat Oktay.
Pemerintahan : Kesultanan Utsmaniyah (1299).
Pemerintahan Sementara (1920).
Perjanjian Lausanne (1923).
Deklarasi Republik (1923).
Ibu kota Turki adalah Ankara namun kota terbesar yang berada di Turki adalah Istanbul. Karena Turki berada di persilangan dua benua, maka Turki mempunyai budaya campuran dari budaya Timur dan budaya Barat. Turki di kenal sebagai jembatan antara dua peradaban.
Islam Sunni merupakan identitas negara Turki, yang di bangun oleh seorang pemimpin bernama Kemal Ataturk. Kemal Attaturk membentuk identitas diri setelah perang dunia 1 . Turki merupakan wilayah yang kaya akan sumber daya dan Turki juga memiliki jaringan perdagangan yang luas dengan Eropa. Namun di bagian Timur masih relative belom berkembang dan masih berselisih dengan suku minoritas kurdi.

B. SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI TURKI
Sejak abad 7, bangsa Turki yang mendiami daerah Asia Tengah mulai mengenal agama Islam, agama ini di bawa oleh pedagang-pedagang yang berasal dari Arab. Perdagangan menjadi media yang mengenalkan bangsa Turki kepada agama baru yaitu Islam. Bangsa Arab yang sangat cerdas dalam bidang perdagangan sangat memiliki peran dalam pengenalan agama Islam di Turki, karena mereka bukan saja melakukan perdagangan di daerah Turki tetapi juga melakukan penyebaran Islam.
Sebelum Islam masuk, Turki di kuasai oleh kerajaan Bizantium, kerajaan ini juga sempat di kuasai oleh Romawi selama 4 abad. Hingga pada suatu masa Romawi terpisah menjadi dua bagian yaitu Romawi barat dan Romawi Timur. Bizantium jatuh di tangan kerajaan Romawi timur kemudian di ubah namanya menjadi Konstantinopel dan di jadikan Ibu kota saat itu. Kemudian pada abad ke XII, Konstantinopel di kuasai oleh kesultanan Ottoman, yang pada saat penaklukannya di pimpin oleh Muhammad Al-Fatih. Dan pada masa inilah masa keemasan kerajaan Turki Ottoman karena di pimpin oleh rasa keagamaan Islam yang kental.
Peradaban Islam yang ada di sana dengan pengaruh Arab dan Persia menjadi warisan bagi masyarakat Turki sebagai peninggalan Dinasti Ustmani. Pada saat kepemimpinan Turki Ustmani agama Islam sangat di jadikan sebagai agama pengatur hubungan antara manusia dengan Tuhannya, manusia dengan manusia (sistem sosial) yang melandasi kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
Saat kesultanan Utsmaniyah berkuasa di Turki pada tahun 1453, Islam semakin dominan di sana, banyak Gereja peninggalan dari kerajaan sebelumnya di rubah menjadi Masjid. Hingga pada masa runtuhnya kesultanan Utsmani pada tahun 1923 Islam mulai mengalami kemunduran karena perubahan tatanan negara dari kerajaan ke Republik yang lebih memberi keluasan kepada agama non-Islam.
Kemunduran Turki
Setelah berubahnya sistem penataan negara di Turki, banyak juga factor yang lain yang menyebabkan kemunduran islam di sana. Antara lain,
• Di mulainya penanggalan Masehi seperti di negara-negara barat.
• di ubahnya hagia shopia menjadi museum.
• Pelarangan ajaran agama islam.
• Pembatasan jumlah masjid.


Sumber: https://vds.co.id/