SEJARAH BOLA VOLI DI AMERIKA

SEJARAH BOLA VOLI DI AMERIKA

SEJARAH BOLA VOLI DI AMERIKA

SEJARAH BOLA VOLI DI AMERIKA

Sejarah bola voli di Amerika ini

merupakan awal dari adanya permainan bola voli. Tokoh utama yang mendirikan permainan tersebut adalah William G Morgan. Beliau adalah seorang instruktur pendidikan jasmani di sebuah organisasi yaitu Young Men Cristian Assosiation (YMCA), bertempat di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

Morgan mulai menemukan olahraga bola voli yang dulu bernama Mintonette pada tanggal 9 Februari 1895.Permainan tersebut semula hampir sama dengan permainan bulutangkis dari teknik permainanya. Serta dari jumlah pemaian juga tidak ditentukan atau tidak dibatasi jumlahnya karena pada awalnya hanya untuk mengembangkan kesehatan dan kesegaran jasmani untuk para buruh selain olahraga senam.

Morgan mendapatkan ide untuk mengembangkan permainan Mintonette tersebut agar dapat mencapai ke dalam cabang olahraga baru yang bisa dipertandingkan. Hingga akhirnya permainan tersebut berubah nama menjadi “Volley Ball”. Pada saat itu Morgan mulai mengembangkan permainan bola voli dengan cepat dan berkembang dengan pesat.

Organisasi YMCA yang diadakan pada tahun 1922 tersebut telah berhasil mengadakan kejuaraan nasional untuk permainan bola voli di Amerika Serikat. Dari kejuaraantersebut akhirnya permainan bola voli menyebarluas oleh tentara sekutu ke berbagai negara di Asia dan Eropa pada saat Perang Dunia I.

Negara yang menjadi daerah penyebaran permainan bola voli tersebut adalah Jepang, Cina, Filipina, Rusia, India, Perancis, Latvia, Cekoslovakia, Rumania, Jerman dan Yugoslavia. Dimana negara tersebut berada di Asia dan juga Eropa.

Permainan bola voli telah tersebar luas ke seluruh dunia saat Perang Dunia II. Namun setelah Perang Dunia II tersebut, prestasi bola voli di Amerika Serikat justru menurun. Sementara di negara lain yang mulai mengembangkan permainan bola voli tersebut semakin pesat terutama di Eropa bagian Timur dan juga Asia.

Pada tahun 1948, didirikan organisasibola voli yaitu IVBF atau International Volley Ball Federation yang diikuti oleh berbagai negara dengan jumlah 15 negara sebagai anggotanya. Organisasi tersebut mewadahi berbagai olahraga dan permainan yang bekaitan dengan voli. Sehingga setiap negara dapat berpartisipasi dalam berbagai kejuaraan bola voli di dunia.

Sebelum menciptakan permainan bola voli, Morgan bertemu dengan James Naismith yaitu seorang yang menciptakan cabang olahraga bola basket. James Naismith tersebut lahir pada tanggal 6 November 1861, yang menrupakan pencetus olahraga bola basket. Beliau meninggal dunia pada tanggal 28 November 1939.


Sumber: https://half-lightmovie.com/z-city-apk/