Renovasi Hotel

Renovasi Hotel

Beberapa waktu lalu kami mendapat kesempatan untuk bekerjasama dengan Manajemen Hotel KN untuk mengembangkan hotel di Yogyakarta. KN Hotel Management adalah konsultan perhotelan yang menangani berbagai kebutuhan perhotelan. Kami disambut oleh pemilik hotel dan ternyata tugas yang harus kami lakukan adalah merenovasi hotel lama yang sebelumnya adalah hotel turis. Saatnya menginspeksi lokasi dan ternyata hotel tersebut sudah tidak asing lagi bagi kami…. hihihihi ternyata hotel tersebut adalah hotel yang digunakan untuk syuting film Java Heat.

Pemiliknya memiliki dua bangunan yang berdekatan di lokasi yang sama. hotel-hotel yang digunakan untuk merekam film hanyalah sebagian darinya. Lokasinya di jalan yogyakarta dari pasar bunga, di seberang hotel ada stasiun kereta tugu.

kedua bangunan ini adalah kanvas kita untuk memulai perencanaan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membagikan kepada pemilik visi dan misi renovasi ini. Setelah berdiskusi mempertimbangkan berbagai hal, akhirnya kami sepakat untuk membuat hotel dengan sentuhan heritage. Yogyakarta sebagai kota dengan sejarah yang panjang, sayang jika tidak dilakukan pelestarian bangunan dengan baik.

Yang kami lakukan adalah mengatur sirkulasi interior agar setiap ruangan memiliki bukaan jendela yang baik, sebagai syarat kenyamanan sebuah rumah. kondisi yang ada selama ini kami tidak memiliki suasana yang laku untuk sebuah hotel.

Sebelumnya, konfigurasi ruangan dibuat dengan beban ganda, satu lorong melayani dua ruangan. Sistem ini bagus jika kita memiliki bukaan di sudut-sudut bangunan, kalau tidak…. Lupakan saja, kamar Anda akan menjadi gelap dan tidak menarik.

Kami harus mendesain ulang beberapa ruangan untuk mendapatkan komposisi ruangan yang baik…. Kami menambahkan beberapa kamar mandi untuk meningkatkan kelasnya dan menjadi hotel butik. Hotel ini memang tidak memiliki banyak kamar, namun tingkat kenyamanan penghuninya menjadi tujuan kami saat merencanakan hotel ini. Manajemen KN Hotel sebagai konsultan mengarahkan pangsa pasarnya untuk menjangkau para ekspatriat.

Namun konfigurasi ruangan seperti fasilitas umum dan komersial harus memiliki nilai jual, sehingga fasad sangat penting agar nilai jual dapat bersaing.

Desain bernuansa kolonial merupakan hasil akhir dari desain kami yang efisien, unik, historis. Kami berharap pemilik kami segera dapat mewujudkan desain ini…. Sehingga kita berdua bisa menikmatinya tidak hanya dari desainnya saja.