Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi
Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

Oleh Alpiadi prawiraningrat

Pertumbuhan ekonomi mempunyai arti yang sedikit berbeda dengan pembangunan ekonomi.  Pertumbuhan ekonomi merupakan perekembangan fiscal suatu produksi barang dan jasa yang berlaku di suatu negara.  Sedangnkan pembangunan ekonomi dikaitkan dengan perkembangan negara berkembang.  Pembangunan ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi yamg diikuti oleh perubahan dalam struktur dan corak kegiatan ekonomi.

Terdapat beberapa perbedaan antara pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. 

Pertumbuhan EkonomiPembangunan Ekonomi
·         Merupakan kenaikan PDB atai PNB rill.

·         Belum tentu diikuti oleh kenaikan pendapatan per kapita.

·         Dikaitkan dengan perkembangan ekonomi di negara berkembang.

·         Pertumbuhan ekonomi diikuti oleh perubahan aspek lain dalam perekonomian seperti perkembangan pendidikan, teknologi dan kemakmuran masyarakat.

·         Pembangunan ekonomi tingkat pendapatan per kapita terus menerus meningkat.

Terdapat beberapa pandangan teori yang menerangkan mengenai hubungan di antara berbagai faktor produksi dengan pertumbuhan ekonomi.  Diantaranya:

NoTeoriPenjelasan
1.Teori KlasikMenekankan pentingnya faktor-faktor produksi dalam menaikan pendapatan nasional dan mewujudkan pertumbuhan. Terutama yang diperhatikan adalah peranan tenaga kerja.  Karena menurut pandangan mereka tenaga kerja yang berlebihan akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.
2.Teori SchumpeterMenekankan tentang peranan usahawan yang akan melakukan inovasi dan investasi guna mewujudkan suatu pertumbuhan ekonomi.
3.TeoriHarrod-DomarMenunjukan peran investasi sebagai faktor yang menimbulkan pertambahan pengeluaran agregat.  Menekankan peranan segi permintaan dalam mewujudkan pertumbuhan.
4.Teori Neo-KlasikMenunjukan bahwa perkembangan teknologi dan peningkatan kemahiran masyarakat merupakan faktor terpenting yang mewujudkan pertumbuhan ekonomi

Berkaitan denag pertumubuhan dan perkembangan ekonomi.  Terdapat beberapa faktor yang memepengaruhi kedua hal tersebut, diantaranya:

 

Kekayaan sumber alam dan tanahnya

hal ini dapat mempermudah mengembangkan perekonomian suatu negara.  Namun, perlu juga dibarengi dengan peningkatan sumber daya manusia berupa tenaga ahli yang berkompeten mengelola sumber daya alam tersebut.

 

Jumlah penduduk dan mutu dari penduduk dan tenaga kerja

jumlah penduduk yang tinggi dapat menjadi pendorong atau penghambat pertumbuhan ekonomi.  Pendorong karena dapat meningkatkan jumlah tenaga kerja dan hal tersebut meningkatkan jumlah produksi.  Penghambat, produktivitas marjinal penduduk rendah

 

Barang-barang modal dan tigkat teknologi

barang modal penting karena dapat memepertinggi keeisienan pertumbuhan ekonomi.  Sedangkan kemajuan teknologi dapat meningkatkan keefisienan produksi barang, menciptakan barang baru dan meninggikan mutu barang.

Sistem sosial dan sikap masyarakat, dapat memberikan dorongan maupun hambatan dalam pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.  Pendorong jika sifat tersebut diantaranya  bertujuan untuk berinvestasi, menghargai kerja keras, mengembangkan usaha dan lain sebagainya.  Sedangkan adat istiadat tradisional menghambat masyarakat menggunakan cara memproduksi yang modern dan lain sebagaianya.

 

Seperti halnya dengan negara berkembang lainnya

Pembangunan ekonomi di Indonesia masih mengalami hambatan.  Kendala tersebut berpengaruh terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi Indonesia.  Adapun hambatan yang dialami oleh Indonesia sebagai negara berkembang di antaranya:

  1. Kegiatan pada sektor pertanian masih tradisional dan produktivitasnya rendah.
  2. Banyak negara berkembang termasuk Indonesia mengalami kekurangan modal dan barang modal (mesin produksi modern) untuk meningkatkan produktivitas.
  3. Sedikitnya jumlah tenaga terampil, terdidik dan keahlian kewirausahaan.
  4. Perkembangan penduduk yang sangat pesat.
  5. Munculnya berbagai masalah institusi, kebudayaan, sosial politik yang sering dihadapi.

Baca Juga :