PERATURAN BOLA VOLI

PERATURAN BOLA VOLI

PERATURAN BOLA VOLI

PERATURAN BOLA VOLI

Dalam sebuah permainan bola voli terdapat peraturan yang harus dipatuhi selama pertandingan berlangsung. Peraturan tersebut meliputi:

1. PERATURAN PERHITUNGAN POIN

Untuk perhitungan poin ini dilakukan hingga salah satu tim mencapai poin 25 dalam satu set pertandingan. Dimana selisih permainan harus 2 poin. Dalam satu pertandingan bola voli yang dilakukan biasanya ada 3 set dengan dua kemenangan atau 5 set dengan tiga kemenangan. Semua itu tergantung dari standar yang digunakan oleh pihak yang menyelenggarakan.

2. PERATURAN PEMAIN BOLA VOLI

Dalam pertandingan bola voli terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Setiap tim terdiri dari 10 pemain yaitu dengan 6 pemain inti dan 4 pemain cadangan. Untuk jumlah pemain minimal di lapangan adalah 4 orang. Jika jumlah pemain kurang dari 4 maka dinyatakan kalah atau diskualifikasi.

Pemain bebas untuk bergantian sesuai dengan situasi dan kondisi di lapangan. Sistem pertandingan berlangsung 3 babak dengan 2 kemenangan atau dengan 5 babak dan 3 kemenangan. Dimana perhitungan poin yaitu 25 poin setiap satu babak dengan selisih 2 poin.

3. PERATURAN PERMAINAN BOLA VOLI

Selain ada peraturan mengenai permainan bola voli, terdapat juga larangan dalam permainan tersebut yang harus dipatuhi selama pertandingan berlangsung. Larangan tersebut diberlakukan untuk semua pemain yang terlibat, yaitu sebagai berikut.

a. Jika pemain menyentuh net maka tim lawan akan mendapatkan poin.
b. Bola yang keluar dari lapangan jika belum menyentuk permukaan lapangan maka belum dihitung out sehingga pemain masih bisa mengejar bola tersebut.
c. Pada saat serve tidak boleh melewati garis yang sudah ditetapkan dan tidak boleh menginjaknya.
d. Bola tidak boleh ditangkap dan dilempar, bola harus dipantulkan dengan menggunakan tangan.
e. Semua bagian tubuh dapat memantulkan bola.
f. Setiap tim hanya boleh melakukan time out 1 kali dalam satu babak atau pertandingan


Baca Juga :