Perangkat Keras Masukan (INPUT)

Perangkat Keras Masukan (INPUT)

Perangkat Keras Masukan (INPUT)

Perangkat Keras Masukan (INPUT)
Perangkat Keras Masukan (INPUT)

Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data atau input untuk diproses menjadi informasi atau keluaran. Bahan masukan (input) dapat berupa: data, program, sumber daya (Listrik) dan lain-lain.

Macam-macam perangkat masukan (input)

a. Peranti pengetikan

1) Keyboard

clip_image002Adalah peranti pemasukan data yang dapat mengubah huruf, angka, ataupun kode lain menjadi isyarat listrik yang dapat diproses komputer. Keyboard merupakan peranti masukan yang paling umum dan paling lama dimanfaatkan setelah perkembangan komputer dengan masukan kartu plong. Keyboard secara garis besar terdiri atas tombol-tombol:

a) Tombol Pengetikan

b) Tombol Angka

Keyboard biasanya juga memiliki tombol-tombol angka khusus yang tata letaknya menyerupai tata letak angka pada kalkulator. Bagian ini sering di sebut sebagai Numeric Keypad, yang biasanya terletak pada sebelah kiri keyboard terdiri atas 17 tombol dengan susunan yang akan memudahkan pemakai yang telah terbiasa dengan kalkulator atau mesin hitung lain.

Tombol-tombol numeric keypad memiliki fungsi ganda selain sebagai pengetikan angka saat tombol Num Lock diaktifkan juga dapat dipergunakan sebagaimana tombol control untuk memindah kursor pada saat tombol Num Lock tidak diaktifkan.

c) Tombol Fungsi

Tombol fungsi padakeyboard terdiri atas sederetan tombol F1, F2 sampai F12 yang biasanya terletak dibbagian paling atas.Kegunaan tombol fungsi ini tergantung pada aplikasi atau system operasi yang sedang dijalankan.

d) Tombol Kontrol

Keyboard juga dilengkapi dengan tombol control yang gunanya untuk mengendalikan gerakan kursor atau layar.

2) ATM ( Automated Teller Machine )

Biasa disebut Anjungan Tunai Mandiri, yang biasa digunakan dalam perbankan. Sebagai peranti masukan ATM memungkinkan pemakai memasukkan nomor pin, angka uang, dan hal – hal lain yang tersedia pada menu.

3) POS ( Point of Sell )

Merupakan peranti yang digunakan pada toko-toko untuk memasukkan data pembelian. Peranti ini selain berisi tombol keyboard lengkap dengan angka juga masih ditambah fasilitas untuk memproses kartu kredit

b. Peranti penunjuk ( Pointing Device)

1) Mouse

Mouse adalah peranti penunujuk yang pada saat ini telah banyak digunakan secara umum. Mouse digunakan untuk menunujuk data atau perintah yang ditampilkan pada layar monitor.

a) Mouse mekanik (gambar)

b) Mouse optik (gambar)

c) Mouse wireless (gambar)

2) Trackball

Fungsinya hampir sama dengan mouse tetapi memiliki cara kerja yang berbeda. Pada trackball penggeseran penunjuk trackball dilakukan dengan memutar bola trackball ke arah yang dikehendaki. Trackball banyak diterapkan pada computer laptop, karena dapat menghemat tempat gerak dan tidak memerlukan meja (dapat menempel langsung pada laptop).

3) Pointing Stick

Yang sering disebut stylus adalah alat penunujuk yang berwujud seperti karet penghapus pada pensil, yang biasanya terletak pada laptop. Yang memiliki cara kerja menggerakkan pointer dengan menekan piranti ini ke arah yang kita kehendaki.

4) Touchpad

Peranti penunujuk yang berupa tempat datar guna menggeser pointer, dengan cara menggeserkan tangan di atasnya. Dan untuk melakukan klik biasanya dilakukan dengan mengetuk touchpad.

5) Touch Screen

Peranti penunujuk berupa monitor yang telah dibuat sangat peka sehingga memungkinkan pemakai untuk menunjuk dan menyentuh suatu gambar di layer secar langsung guna mengaktifkan suatu perintah. Layar sentuh ini biasanya terbungkus oleh plastik dan di belakangnya terdapat sinar inframerah yang tak terlihat. Lokasi sinar inframerah yang terputus oleh tekanan jari inilah yang memberitahu computer tentang lokasi perintah yanag dikehendaki pemakai.

6) Joystick

Joystick biasanya digunakan untuk mengemdalikan aplikasi permainan. Prinsip kerja samadengan mouse hanya saja penggerak pointer berupa tongkat kecil.

Sumber: https://www.galerinfo.com