Peran Pemerintah Sebagai Pelaku Ekonomi

Peran Pemerintah Sebagai Pelaku Ekonomi

Peran Pemerintah Sebagai Pelaku Ekonomi

Peran Pemerintah Sebagai Pelaku Ekonomi
Peran Pemerintah Sebagai Pelaku Ekonomi

Pemerintah adalah badan-badan pemerintah yang bertugas untuk mengatur acara ekonomi. Seperti halnya rumah tangga keluarga dan perusahaan, pemerintah juga sebagai pelaku ekonomi yang melaksanakan acara konsumsi, produksi, dan distribusi.

a. Kegiatan Konsumsi Pemerintah

Pemerintah dalam menjalankan tugasnya membutuhkan barang dan jasa. Kegiatan konsumsi pemerintah sanggup berupa acara membeli alat-alat tulis kantor, membeli alat-alat kedokteran, membeli peralatan yang menunjang pendidikan, memakai tenaga kerja untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintah, dan sebagainya.

b . Kegiatan Produksi Pemerintah

Pemerintah ikut berperan dalam menghasilkan barang dan atau jasa yang dibutuhkan dalam rangka mewujudkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 33 ayat (2), yang berbunyi: “Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara”.

Pelaksanaan kiprah pemerintah dalam acara produksi diwujudkan dalam acara perjuangan hampir di seluruh sektor perekonomian.

Sebagai pelaksana acara produksi pemerintah mendirikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Berikut ini maksud dan tujuan pendirian BUMN menurut UU Nomor 19 Tahun 2003.

1) Memberikan sumbangan bagi perekonomian nasional pada umumnya dan penerimaan negara pada khususnya.

2) Mencari keuntungan.

3) Menyelenggarakan kemanfaatan umum berupa penyediaan barang dan atau jasa yang bermutu tinggi dan memadai bagi orang banyak.

4) Menjadi perintis kegiatan-kegiatan perjuangan yang belum sanggup dilaksanakan oleh sektor swasta dan koperasi.

5) Turut aktif menawarkan bimbingan dan dukungan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi, dan masyarakat.

Perhatikan pada Tabel mengenai kiprah pemerintah dalam acara produksi.

c . Kegiatan Distribusi Pemerintah

Selain melaksanakan acara konsumsi, pemerintah juga berperan dalam acara distribusi. Berikut ini kegiatan-kegiatan distribusi yang dilakukan pemerintah.

1) Menyalurkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk membantu acara operasional yang ada di sekolah. Misalnya mengenai penyediaan buku-buku pelajaran, dan sebagainya.

2) Memberi dukungan kepada rakyat miskin berupa penyaluran raskin (beras rakyat miskin) melalui BULOG.

Selain melaksanakan acara pokok-pokok ekonomi, pemerintah juga berperan sebagai pengatur dan pelaksana kebijakan.

Peran pemerintah sebagai pengatur yaitu dengan mengeluarkan aneka macam peraturan yang berafiliasi dengan acara ekonomi.

Tujuan dibuatnya peraturan ialah semoga kegiatan-kegiatan ekonomi dijalankan secara masuk akal dan tidak merugikan masyarakat.

Sebagai pola peraturan mengenai impor barang. Pemerintah tetapkan aneka macam tarif masuk barang. Hal ini dimaksudkan semoga barang-barang yang berasal dari luar negeri tidak gampang masuk ke Indonesia.

Peraturan-peraturan pemerintah lainnya masih banyak, menyerupai peraturan pendirian industri, peraturan ekspor, perbaikan kemudian lintas, kebijakan fiskal dan moneter, dan aneka macam peraturan acara ekonomi lainnya.

Baca Artikel Lainnya: