Pengertian QIYAS

Pengertian  QIYAS

 

Pengertian QIYAS

1. Definisi Qiyas

Secara bahasa qiyas berarti , artinya mengukur, membandingkan sesuatu dengan yang semisalnya.
Qiyas menurut istilah ilmu Ushul fiqh adalah : mempersamakan suatu kasus yang tidak ada nash hukumnya dengan suatu kasus yang ada nash hukumnya dengan suatu kasus yang ada nash hukumnya, dalam hukum yang ada nashnya, karena persamaan kedua itu dalam illat hukumnya.

Dalam masa sahabat, qiyas itu diartikan dengan:”Mengembalikan sesuatu kepada maksud syara’.kepada kaidah-kaidah yang umum dan kepada illat-illat yang lekas dipahamkan yang tidak diperselisihkan lagi”.

Pendapat Ulama

Sedangkan pendapat ulama-ulama lain sebagai berikut:

1. Al Ghazali, mendefinisikan qiyas “ menanggungkan ( menghubungkan ) sesuatu yang diketahui kepada sesuatu yang diketahui dalam hal menetapkan hukum pada keduanya atau meniadakan hukum dari keduanya disebabkan ada hal yang sama antara keduanya dalam penetapan atau peniadaan hukum “.
2. Ibnu Subki “ qiyas adalah menghubungkan sesuatu yang diketahui kepada sesuatu yang diketahui karena kesamaannya dalam `illat hukumnya menurut pihak yang menghubungkan ( mujtahid ) “.
3. Abu Hasan al Bashri “ qiyas adalah menghasilkan ( menetapkan ) hukum ashal pada furu` karena keduanya sama dalam hal `illat hukum menurut mijtahid “.
4. Abu Zahrah “ menghubungkan suatu perkara yang tidak ada nash kepada perkara lain yang ada nash hukumnya karena keduanya berserikat dalam `illat hukum “.
5. Al Midi “ ibarat dari kesamaan antara furu` dengan ashal dalam `illat yang diistimbathkan dari hukum ashal “.
Kemudian dengan pergantian zaman, qiyaspun memperoleh beberapa ta’rif yang diberikan oleh para ushulliyin dan terjadi pulalah perselisihan tentang memakai qiyas sebagai hujjah, tempat memakainya dan cara memakainya. Perselisihan-perselisihan itu timbul dan berangsur-angsur menghebat.
Adapun perkataan mereka: ”menyamakan suatu kasus dengan kasus lainnya, atau menghubungkan hukum suatu kejadian dengan kejadian lain, atau menjangkaukan hukum suatu kejadian ke kejadian lainnya, semuanya itu merupakan ungkapan yang sama, pengertiannya adalah satu.

Baca Juga: