Pengertian Nilai dan Macam-macam Nilai dalam Cerpen

Pengertian Nilai dan Macam-macam Nilai dalam Cerpen

Pengertian Nilai dan Macam-macam Nilai dalam Cerpen

Pengertian Nilai dan Macam-macam Nilai dalam Cerpen
Pengertian Nilai dan Macam-macam Nilai dalam Cerpen

Dalam sebuah karya sastra pasti terdapat nilai-nilai yang dapat dijadikan pedoman atau teladan bagi pembacanya. Begitu pula dengan cerpen. Meski berupa cerita singkat, tetapi cerpen juga mengandung nilai-nilai didik yang dapat dialami.

Pengertian Nilai

 Nilai adalah alat yang menunjukkan alasan dasar bahwa “cara pelaksanaan atau keadaan akhir tertentu lebih disukai secara sosial dibandingkan cara pelaksanaan atau keadaan akhir yang berlawanan. Nilai memuat elemen pertimbangan yang membawa ide-ide seorang individu mengenai hal-hal yang benar, baik, atau diinginkan. (wikipedia)

 

Macam-macam Nilai dalam Cerpen

Macam-macam nilai menurut Spranger, yaitu :

1. Nilai keilmuan

merupakan salah satu dari macam-macam nilai yang mendasari perbuatan seseorang atau sejarah bpupki sekelompok orang yang bekerja terutama atas dasar pertimbangan rasional. Nilai keilmuan ini dipertentangkan dengan nilai agama.

2. Nilai agama

ialah salah satu dari macam-macam nilai yang mendasari perbuatan seseorang atas dasar pertimbangan kepercayaan bahwa sesuatu itu dipandang benar menurut ajaran agama.

3. Nilai ekonomi

adalah salah satu dari macam-macam nilai yang mendasari perbuatan seseorang atau sekelompok orang atas dasar pertimbangan ada tidaknya keuntungan finansial sebagai akibat dari perbuatannya itu. Nilai ekonomi ini dikontraskan dengan nilai seni.

4. Nilai Seni

merupakan salah satu dari macam-macam nilai yang mendasar perbuatan seseorang atau sekelompok orang atas dasar pertimbangan rasa keindahan atau rasa seni yang terlepas dari berbagai pertimbangan material.

5. Nilai Solidaritas

ialah salah satu dari macam-macam nilai yang mendasari perbuatan seseorang terhadap orang lain tanpa menghiraukan akibat yang mungkin timbul terhadap dirinya sendiri, baik itu berupa keberuntungan maupun ketidakberuntungan. Nilai solidaritas ini dikontraskan dengan nilai kuasa.

6. Nilai Kuasa

adalah salah satu dari macam-macam nilai yang mendasari perbuatan seseorang atau sekelompok orang atas dasar pertimbangan baik buruknya untuk kepentingan dirinya atau kelompoknya.

Contoh kutipan-kutipan yang mengandung nilai-nilai dalam cerpen :

Menunggu Tamu
(Oleh : Kenan Fabri Hartanto)

….

“ Tadi ada kupu-kupu masuk ke rumah.”

“ Kupu-kupu? Lantas?”

“ Kalau ada kupu-kupu masuk ke rumah itu artinya aka nada tamu.”

“ Ah kamu ini, kok masih percaya sama yang begituan. Bagaimana bisa kupu-kupu jadi pertanda kalau aka nada tamu yang datang? Itu tidak masuk akal.”