Pengertian Musik

Pengertian Musik

            Menurut KBBI musik dapat dikatakan sebagai ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan (KBBI V : 2016). Selain itu musik merupakan suara yang disusun sedemikian rupa oleh manusia sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian. Musik merupakan sebuah unsur pertama sebagai pembuat suatu nada pada sebuah lagu. Musik merupakan seni yang timbul dari perasaan atau pikiran manusia sebagai pengungkapan ekspresi diri, yang diolah dalam suatu nada-nada atau suara-suara yang harmonis.

 

2.2  Pengertian Lagu

 

            lagu adalah ragam suara yang berirama seperti dalam bercakap-cakap, bernyanyi, membaca dan sebagainya (KBBI V : 2016). Selain itu, lagu juga dapat disebut sebagai nyanyia. Nyanyian adalah syair yang dilafalkan sesuai nada, ritme, birama, dan melodi tertentu hingga membentuk harmoni. Dapat dikatakan juga bahwa lagu merupakan gubahan seni nada atau suara dalam urutan, kombinasi dan hubungan temporal yang biasanya diiringi dengan alat musik untuk menghasilkan gubahan musik yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan yang mengandung irama. Lagu juga dapat dikatakan sebagai ragam nada atau suara yang berirama.

            Banyak cara untuk menyanyikan lagu, seperti dinyanyikan secara solo, berduet, atau beramai-ramai. Perkataan dalam lagu biasanya berbentuk puisi berirama, namun ada juga yang bersifat keagamaan ataupun prosa bebas. Lagu dapat dikategorikan pada banyak jenis, bergantung kepada ukuran yang digunakan.

sumber :

https://nashatakram.net/layanan-otomotif-seva-id/