Pengertian Mega Tsunami Terbesar dalam sejarah

Pengertian Mega Tsunami Terbesar dalam sejarah

Pengertian Mega Tsunami Terbesar dalam sejarah

Pengertian Mega Tsunami Terbesar dalam sejarah
Pengertian Mega Tsunami Terbesar dalam sejarah

Mega-tsunami adalah

Istilah untuk menggambarkan tsunami dengan amplitudo gelombang lebih besar dari tsunami biasanya.tinggi gelombang Mega-tsunami bisa mencapai puluhan, ratusan, atau mungkin ribuan meter dan  mampu menyeberangi lautan dan memorak-porandakan sebuah pulau besar bahkan benua.

Umumnya, tsunami disebabkan oleh gempa bumi

Di dekat pantai atau di bawah air. Tsunami normal biasanya berasal dari gempa bumi lepas pantai, tanah longsor bawah laut dan aktivitas gunung berapi bawah laut. Gempa bumi besar bawah laut dapat menggeser dasar laut dan membuatnya naik atau turun  dan yang menghasilkan tsunami  dengan sekala kecil dan sedang, tapi tidak terlalu jauh lebih besar dari mega tsunami yang memungkinkan untuk menenggelamkan sebuah pulau. karena umumnya Gempa bumi bawah laut umumnya tidak menghasilkan tsunami yang sedemikian besar, kecuali jika gempa ini juga menghasilkan longsor bawah laut.

Megatsunami terakhir yang melanda wilayah

Berpenduduk diduga terjadi sekitar 4000 tahun yang lalu. Menurut para ahli geologi, megatsunami biasanya disebabkan oleh tanah longsor yang sangat besar, seperti runtuhnya sebuah pulau ke laut atau samudra, letusan gunung berapi besar contohnya Gunung Krakatau, atau tumbukan sebuah meteor besar di dalam laut.

Tsunami yang terjadi di Banda Aceh akhir tahun 2004 hampir dapat dikategorikan megatsunami karena jumlah korban jiwa yang sangat besar yaitu sekitar lebih dari 250.000 orang. dan gelombangnya bisa mencapai negara-negara sekitar Malaysia, Thailand, India, Sri Lanka dan Bangladesh.

 

Acaman dan potensi bahaya Mega Tsunami

– Jumlah korban jiwa yang sangat besar
– Berpotensi untuk menenggelamkan suatu pulau
– Kerusakan dan Kerugian properti harta benda yang besar
– mengancam Punahnya suatu kehidupan

 

Mega tsunami yang tercatat dalam sejarah

– Tahun 1958. Longsor besar menyebabkan tsunami setinggi 524 meter di teluk Lituya. Tsunami tertinggi dalam sejarah manusia.
– Tahun 1792. Letusan gunung Aso di Jepang menyebabkan bagian gunungnya jatuh ke laut. Menyebabkan tsunami setinggi 100 meter.
– Tahun 1980. Letusan gunung St. Helens di Amerika Serikat, menyebabkan longsor. Lalu membuat Tsunami setinggi 260 meter.
– Tahun 1963. Longsor diatas bendungan Vajont menyebabkan tsunami setinggi 250 meter dan membunuh sekitar 2000 orang.

Beberapa para ahli berpendapat Mega tsunami terdahsyat pernah terjadi pada masa prasejarah, menurut penelitian ilmiah yang mendukung tiori dugaan sebagai berikut :

Sekitar 35 juta tahun yang lalu. Tumbukan meteorit di teluk Chesepeake, menyebabkan megatsunami yang berulang- ulang.

Dan diperkirakan sekitar 65 juta tahun lalu. Saat tumbukan meteorit yang membentuk kawah Chicxulub, menyebabkan tsunami setinggi 3 kilometer. Cukup tinggi untuk menenggelamkan pulau yang juga juga dijuluki sebagai Ibu dari

Sumber : https://www.dosenmatematika.co.id/