Pengeluaran Kas

Pengeluaran Kas

Pengeluaran kas terdiri dari dua sistem pokok, yaitu sistem akuntansi pengeluaran kas dengan cek dan sistem pengeluaran kas dengan uang tunai melalui sistem dana kas kecil. Pengeluaran kas dengan menggunakan cek biasanya ditujukan untuk pengeluaran yang jumlah nominalnya besar. Pengeluaran kas dengan sistem cek ini mempunyai beberapa kebaikan ditinjau dari pengendalian intern, diantaranya:

  1. Pengeluaran kas dengan cek dapat menjamin bahwa cek yang dikeluarkan diterima oleh pihakyang namanya tercantum dalam formulir cek.
  2. Transaksi pengeluaran kas dapat direkam oleh bank sebagai pihak luar yang kemudian pihakbank akan mengirimkan rekening koran kepada perusahaan. Rekening koran ini dapat digunakanperusahaan untuk mengecek ketelitian catatan transaksi pengeluaran kas.
  3. Pengeluaran kas dengan cek juga memberikan manfaat tambahan yaitu adanya cancelled chek yang merupakan tanda terima kas dari pihak yang menerima pembayaran. Dengan penggunaan cek dalam pengeluaran kas, check issuer. Secara otomatis menerima tanda terimakas dari pihak yang menerima pembayaran.

Sistem dana kas kecil digunakan perusahaan jika terjadi pengeluaran dengan nominal kecil. Sistemini dilakukan dengan dua cara yaitu sistem saldo berfluktuasi

(fluctuating fund balance system) dan sistem saldo tetap (imprest system). Flowchart

pengeluaran kas dengan dana kas kecil disajikan dalamlampiran. Penyelenggaraan dana kas kecil dengan sistem saldo berfluktuasi dilakukan dengan prosedur sebagai berikut:

  1. Pembentukan dana kas kecil dicatat dengan mendebit rekening Dana Kas Kecil.
  2. Pengeluaran dana kas kecil dicatat dengan mengkredit rekening Dana Kas Kecil sehingga setiapsaat saldo rekening berfluktuasi.
  3. Pengisian kembali dana kas kecil dilakukan dengan jumlah sesuai keperluan, dan dicatat denganmendebit rekening Dana Kas Kecil. Dalam sistem saldo tetap, penyelenggaraan dana kas kecil dilakukan dengan prosedur sebagai berikut:
  • Pembentukan dana kas kecil dilakukan dengan cek dan dicatat mendebit rekening Dana KasKecil. Saldo ini tidak boleh berubah dari yang telah ditetapkan sebelumnya kecuali jika saldoyang ditetapkan telah dinaikkan atau dikurangi.
  • Pengeluaran dana kas kecil tidak dicatat dalam jurnal (rekening Dana Kas Kecil tidak dikredit).Bukti-bukti mengenai pengeluaran dana kas kecil dikumpulkan saja dalam arsip sementara yangdiselenggarakan oleh pemegang dana kas kecil.
  • Pengisian kembali dana kas kecil dilakukan sejumlah rupiah yang tercantum dalam kumpulanbukti pengeluaran kas kecil.

sumber :

https://duniabudidaya.co.id/seva-mobil-bekas/