Penerapan Lain dari Efek Penggandaan

Penerapan Lain dari Efek Penggandaan


Akibat efek penggandaan,satu dolar belanja pemerintah dapatmenghasilkan lebih dari satu dolar permintaan agregat.Namun,dasar pemikiran dari efek penggandaan ini tidak terbataspada perubahan balanja pemerintah.Sebaliknya,logika tersebut berlaku terhadap segala peristiwa yang mengubah semua komponen PDB konsumsi,investasi, belanja pemerintah atau ekspor neto.Penggandaan merupakan konsep penting dalam ekonomi makro karena memperlihatkan bagaimana perekonomian dapat menggandakan dampak perubahan belanja.Perubahan awal yang kecil dalam konsumsi,investasi,belanja peerintah atau ekspor neto dapat berdampak besar terhadap permintaan agregat.

2.2.5 Efek Pembatasan Paksa

Efek pengandaan kelihatannya menunjukan bahwa jika pemerintah melakukan belanja kontrak konstruksi dengan buildit $20 miliar, ekspansi permintaan agregat yang ditimbulkan pasti lebih besar dari $20 miliar. Penurunan permintaan agregat yang terjadi apabila ekspansi fiskal menaikan suku bunga disebut dengan efek pembatasan paksa ( crowding-out effect).
Pengaruh peningkatan permintaan uang diperlihatkan pada panel (a) Figur 5. Karena bank sentral belum mengubah jumlah uang yang beredar, kurva penawaran vertikal tidak berubah. Apabila tingkat pendapatan yang lebih tinggi menggeser kurva permintaan uang kekanan dari MD1 ke MD2 suku bunga harus naik dari r1 ke r2 untuk menyeimbangkan penawaran dan permintaan.
Sebaliknya, kenaikan suku bunga ini menurunkan jumlah permintaan barang dan jasa. Khususnya, karena pinjaman lebih mahal, permintaan rumah baru dan barang – barang investasi untuk keperluan bisnis menurun.
Artinya, kenaikan belanja pemerintah meningkatkan permintaan barang dan jasa, dan secara bersamaan mendesak investasi. Efek pembatasan paksa ini sebagian mengimbangi dampak belanja pemerintah terhadap permintaan agregat, seperti diilustrasikan pada panel (b) Figur 5. Dampak awal kenaikan belanja pemerintah mengeser kurva permintaan agregat dari AD1 ke AD2, namun setelah muncul efek pembatasan paksa, kurva permintaan agregat kembali turun ke AD3.
Sebagai rangkuman : apabila negara menaikan belanjanya sebesar $20 miliar, permintaan agregat barang dan jasa dapat naik sebesar lebih atau kurang dari $20 miliar, tergantung apakah efek pengandaan atau efek pembatasan paksa lebih besar.

sumber :
https://islamuswest.org/2020/06/11/seva-mobil-bekas/