Manfaat Matahari Bagi Kehidupan Dan Kesehatan Manusia

Manfaat Matahari Bagi Kehidupan Dan Kesehatan Manusia

Manfaat Matahari Bagi Kehidupan Dan Kesehatan ManusiaManfaat Matahari Bagi Kehidupan Dan Kesehatan Manusia

Matahari adalah bintang yang sangat besar, sumber cahaya bagi dunia ini dan merupakan sumber energi bagi kehidupan baik bagi manusia,hewan maupun tumbuhan. Berikut adalah beberapa manfaat matahari.

Manfaat Matahari Bagi Kehidupan Dan Kesehatan Manusia

Manfaat Matahari Bagi Kehidupan Manusia

Panas yang dipancarkan oleh cahaya matahari memberikan suhu yang pas untuk keberlangsungan hidup organisme di muka bumi ini. Bumi ini menerima sinar matahari yang pas, sehingga dapat menjaga air tetap berbentuk cair, sehingga makluk yang ada di muka bumi dapat memanfaatkan air untuk kehidupannya.
Matahari memungkinkan adanya siklus hujan,penentu cuaca dan iklim.
Cahaya matahari dapat dimanfaatkan secara langsung oleh tumbuhan yang berklorofil untuk froses fotosintesis, sehingga tumbuhan dapat tumbuh serta menghasilkan oksigen dan berperan sebagai sumber pernapasan bagi hewan dan manusia.
Matahari dimanfaatkan untuk Pembangkit listrik tenaga matahari contohnya Panel surya yang dipasang di atap bangunan dan rumah di daerah perkotaan untuk mendapatkan listrik dengan gratis.
Matahari menjadi penyatu planet-planet dan benda angkasa lain di sistem tata surya yang bergerak atau berotasi mengelilinya Keseluruhan sistem dapat berputar di luar angkasa karena ditahan oleh gaya gravitasi matahari yang sangat besar.

Manfaat matahari bagi kesehatan manusia
Sinar matahari sangat bermanfaat sebagai sumber energi utama untuk mengubah provitamin D yang terdapat pada jaringan kulit menjadi vitamin D. Pembentukan vitamin D pada manusia memang sebagian besar difasilitasi oleh sinar matahari.
Menurunkan Kadar Gula Darah. Sinar matahari akan memberikan kemudahan proses penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Hal ini akan merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi gula yang tersimpan (glycogen) pada hati dan otot. Dengan demikian gula darah akan turun.
Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh. Pancaran sinar matahari yang mengenai tubuh akan menambah sel darah putih terutama limfosit yang digunakan untuk menyerang penyakit. Antibodi juga akan (gamma globulins) bertambah.
Penawar Infeksi dan Pembunuh Bakteri. Sinar matahari membantu membunuh bakteri penyakit, virus, dan jamur. Hal itu berguna untuk perawatan TBC, erysipelas, keracunan darah, peritonitis, pneumonia, mumps, dan asma.
Meningkatkan Kebugaran Pernapasan. Sinar matahari dapat meningkatkan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan. Faktor lain yang bisa membantu meningkatkan kebugaran pernapasan ialah bahwa glikogen bertambah di hati dan otot setelah berjemur matahari.
Sinar Matahari Membantu dalam Pembentukan dan Perbaikan Tulang Dengan bertambahnya kadar vitamin D dalam tubuh karena terkena sinar matahari, otomatis dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium dan sangat menolong pembentukan dan perbaikan tulang dan mencegah penyakit tulang.

 

Sumber: https://tokopediaaplikasi.id/twitter-rayakan-ulang-tahun-ke-10-tagar/