Macam-macam Ibadah dan Syarat syarat Ibadah

Macam-macam Ibadah dan Syarat syarat Ibadah

Macam-macam Ibadah dan Syarat syarat Ibadah

Macam-macam Ibadah dan Syarat syarat Ibadah
Macam-macam Ibadah dan Syarat syarat Ibadah

Macam-macam Ibadah

Secara garis besar ibadah dibagi menjadi dua macam
1. Ibadah Khassah (khusus) atau ibadah mahdah (ibadah yang ketentuannya pasti).
2. Ibadah ‘Ammah (umum) yakni semua perbuatan yang mendatangkan kebaikan dan dilaksanakan dengan niat yang ikhlas karena Allah SWT. Dengan kata lain, semua bentuk amal kebaikan dapat dikatakan ibadah amah bila dilandasi dengan niat semata-mata karena Allah SWT. Hal ini didasarkan pada firman-Nya.
Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian Itulah agama yang lurus.

Terdapat beberapa metode yang bervariatif dan pengaruhnya sangat besar pada jiwa serta membersihkannya, cara ujian untuk mengetahui kejujuran orang-orang yang mengerjakannya, dalam mencari petunjuk dan istiqomah.

Ruang ibadah didalam islam sangat luas meliputi setiap aktivitas kehidupan manusia, Perhubungan manusia dengan Tuhan adalah secara terus menerus, dan Beribadah tidak terkokong ditempat-tempat tertentu.
Ibadah juga dapat menentramkan jiwa kita, apabila ibadah itu dilakukan sesuai dengan syarat-syarat dan ketentuan yang tidak melanggar norma-norma ajaran dalam agama dan syariat islam. Karena pada tubuh yang sehat itu terdapat jiwa yang sehat, maka dari itu dalam beribadah juga kita harus menjaga tubuh dan jiwa kita agar tetap sehat dalam menjalankan ibadah sehari-hari.

Syarat-syarat Ibadah

1. Amalan yang dilakukan hendaklah diakui Islam dan bersesuai dengan hukum syarak
2. Amalan hendaklah dikerjakan dengan niat yang baik bagi memelihara kehormatan diri, menyenangkan keluarga, memaafkan ummat dan memakmurkan bumi Allah
3. Ketika melakukan pekerjaan hendaklah senantiasa mengikuti hokum-hukum syariat dan batasnya, tidak mendzalimi orang, tidak khianat, tidak menipu dan tidakmerampas hak orang lain.

Peranan ibadah yang luas

Ibadah yang khusus seperti shalat, puasa, zakat dan haji adalah untuk mempersiapkan individu menghadapi ibadah yang umum yang mesti dilakukan di sepanjang jalan.

Demikianlah penjelasan mengenai Macam-macam Ibadah dan Syarat syarat Ibadah. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan khususnya tentang ibadah. Terimakasih.

Baca Juga: