KONSEP DASAR GEOGRAFI

 KONSEP DASAR GEOGRAFI

 KONSEP DASAR GEOGRAFI

 KONSEP DASAR GEOGRAFI

  1. Pengertian

Geografi berasal dari kata ‘geo’ yaitu bumi, dan ‘graphien’ yang berarti tulisan atau lukisan. Secara harafiah, geografi itu berarti lukisan tentang  bumi. Menurut Council of the Geographical Association(1919) mengatakan bahwa geografi berkenaan dengan dunia nyata, dunia yang dipelajari seseorang dengan baik melalui kaki telanjang, atau dengan mengendarai kereta api, perahu, mobil dan pesawat terbang, serta melalui lukisan atau gambar. Namun penelaah tersebut meliputi juga sebab-akibat yang dipandang sebagai sebagai keseluruhan yang menghubungkan bagian-bagian yang telah menjadi apa adanya. Jadi geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan dengan sudut pandang lingkungan atau kewilayahan dalam konteks keruangan. Berdasarkan beberpa definisi diatas,jelas bahwa yang menjadi objek studi geografi adalah geosfer yaitu permukaan bumi yang merupakan bagian dari bumi yang terdiri atas atmosfer (lapisan udara), litosfer (lapisan batuan, kulit bumi), hidrosfer (lapisan air, perairan), dan biosfer (lapisan kehidupan).

Berdasarkan pengertian diatas, dapat diketahui bahwa geografi senantiasa memberikan uraian ilmiah mengenai sifat-sifat bumi dan gejala alam yang ada, termasuk sebab dan segala akibatnya bagi kehidupan. Disamping itu juga berusaha menganalisa berbagai kondisi yang terjadi dimuka bumi untuk di sesuaikan dengan kebutuhan manusia.

  1. Ruang Lingkup Geogafi

Pemenuhan kebutuhan-kebutuhan  manusia pada kenyataannya tidak semuanya dapat dipenuhi di daerahnya sendiri, sehingga manusia harus melakukan usaha ke tempat lain untuk mencukupinya. Dengan demikian, perjalanan ke tempat lain tersebutakan memperluas pengalaman dan pengetahuan manusia tentang wilayah itu. Pengalaman dan pengetahuan ini akan membawa perubahan dalam memandang gejala alam dan perilaku serta aktifitas budi daya manusia di permukaan bumi. Hal ini terjadi karena proses kajiannya akan selalu mengaitkan lokasinya, integrasinya, persebarannya, perkembangannya, dan interaksinya dalam lingkup analisis keruangan, kewilayahan, ekologis, system, dan sejarah perkembangannya.

Dalam lingkup wilayah penelitian, kajian ini dipandang sebagai suatu keseluruhan dan sebagai bagian dari keseluruhan wilayah penelitian secara lebih mendalam sehingga dapat diperoleh gambaran tentang persamaan dan perbedaan daerah yang satu dengan daerah yag lain. Kajian geografi ini mempunyai ruang lingkup yang luas sehingga disiplin ilmu lainnya banyak yang berkaitan dengan geografi. Keterkaitan geografi dengan disiplin ilmu lainnya dapat dibedakan menurut aspek fisik dan aspek social. Aspek fisik disebut dengan geografi fisik dan pembahasan yang berkaitan dengan aspek social disebut geografi social.

sumber :

Dead Rivals – Zombie MMO 1.1.0e Apk (PRO) for android