kompensasi (compensation)

kompensasi (compensation)

prinsip kompensasi merupakan konsekuensi dari implementasi prinsip kerja.setiap kerja berhak mendapatkan kompensasi atau imbalan.islam mengajarkan bahwa setiap pengelolaan atau pemampaatan sumber daya berhak untuk mendapatkan imbalan.

  1. c)Efisiensi (compensation)

Efisiensi adalah perbandingan terbaik antara suatu kegiatan (pengelolaan sumber daya) yang memberikan maslahah paling tinggi atau di sebut efisiensi alokasi. Dalam arti sempit, efisiensi berarti kegiatan yang menghasilkan output paling banyak dan berkualitas atau disebut efisiensi teknis.

  1. d)Propesionalisme (professionalism)

Profesionalisme merupakan implikasi dari efisiensi. Propesional artinya menyerahkan suatu urusan kepada ahlinya.Dengan kata lain professional berarti menyerahkan pengelolaan sumber daya kepada ahlinya sehigga di peroleh output secara efisien.

  1. e)Kecukupan (sufficiency)

Jaminan terhadap tarap hidup yang layak yang dapat memenuhi kebutuhan material dan  spitual setiap individu baik muslim atau non muslim merupakan salah satu prinsip ekonomi islam.

  1. f)Pemerataan kesempatan (equal opportunity)

Setap individu baik wanita maupun laki-laki, muslim atau non muslim, memiliki kesempatan yang sama ntuk memiliki, mengelola sumber daya dan menikmatinya sesuai dengan kemampuannya.

  1. g)Kebebasan (freedom)

Dalam pandangan islam, manusia memiliki kebebesan untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk memperoleh kemaslahan yang tertinggi dari sumberdaya yang ada pada kekuasaannya.

  1. h)Kerja sama (cooperation)

Manusia adalah mahluk individu sekaligus mahluk social. Ia tidak bias hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Meski beragam manusia juga memiliki beberapa tujuan yang sama dalam hidupnya, misalnya

 

Pos-pos Terbaru