Keutamaan Ikhlas Dalam Islam

Keutamaan Ikhlas Dalam Islam

Keutamaan Ikhlas Dalam Islam

Keutamaan Ikhlas Dalam Islam
Keutamaan Ikhlas Dalam Islam

Para pembaca yang budiman pada artikel sebelumnya sudah kita sampaikan tentang makna ikhlas dan kita sampaikan betapa beratnya keikhlsan itu, pada kesempatan ini kita akan membahas tentang keutamaan ikhlas agar kita menjadi bersemangat dan bersungguh-sungguh untuk menggapai keikhlasan. Dan diantara keutamaan ikhlas adalah:

1. Allah Ta’ala memerintahkan kita untuk ikhlas

Diantara keutamaan ikhlas adalah bahwasanya Allah memerintahkan kita unutk ikhlas ketika kita beribadah kepadanya,sebagaimana firman Allah Ta’ala “Dan mereka tidak disuruh kecuali supaya beribadah kepada Allah dengan memurnikan dien (agama) kepada-Nya ,lagi bersikap lurus” (Qs:Al-Bayyinah :5).

2. Ikhlas merupakan syarat diterimanya sebuah amalan.

Seseorang ketika dia beramal maka dia dituntut untuk mengikhlaskan ibdahnya hanyaa untuk Allah ,karena merupakan syarat diterimanya sebuah amalan adalah ikhlas.

Rasuluallah bersabda “Sesungguhnya Allah Ta’ala tidak menerima suatu amal ,kecuali jika dikerjakan murni karena-Nya dan mengharap wajah Allah “ (HR:Abu Daud dan An-Nasai dengan sanad yang bagus,dan dinyatakan shahih oleh Al-Mundziriy dalam At-Targhib I/25.)

3. Selamat dari godaan Iblis

Seseorang yang dia ikhlas ketika beribdah kepada Allah maka diantara keutamaanya dia akan terselamatkan dari godaan iblis.Allah Ta’ala berfirman ,mengungkapkan pernyataan iblis “Kecuali hamba-hambaMu yang ikhlas” (Qs:Shad:83)

4. Dijadikan kekayaan dalam hatinya dan juga kelapangan hati

Diantara keutamaan ikhlas adalah dijadikan kekayaan dalam hatinya dia akan merasa tenang damai,merasa qana’ah, sebagaimana sabda Rosuluallah “Barangsiapa menjadikan akirat sebagai tujuannya,maka Allah akan menjadikan kekayaan dalam hatinya…..”(Qs: At-Tirmidzi,Ahmad dan lainya,dishahihkan oleh Al-Bani dalam silsilah shahihah(949).

5. Allah memudahkan urusanya

Diantara keutamaan ikhla pula adalah bahwasanya Allah akan menjadikan orang ikhlas kemudahan didalam urusanya,urusan disini mencakup urusan dunia dan usrusan akhirat.

Sebagaimana Sabda Rosuluallah “Barangsiapa menjadikan akirat sebagai tujuannya…….Allah akan memudahkan urusanya”( Qs: At-Tirmidzi,Ahmad dan lainya,dishahihkan oleh Al-Bani dalam silsilah shahihah(949).

6. Dunia dating kepadanya dalam keadaan tunduk dan hina

Diantara keutaaman ikhlas pula bahwasanya Allah menjadikan dunia itu dating kepadanya dalam keadaan tunnduk dan hina.

Sebagaimana Sabda Rosuluallah “Barangsiapa menjadikan akirat sebagai tujuannya…….Allah akan memudahkan urusanya,dan dunia akan mendatanginya dalam keadaan tunduk dan hina”( Qs: At-Tirmidzi,Ahmad dan lainya, dishahihkan oleh Al-Bani dalam silsilah shahihah(949).

Itulah beberapa keutamaan ikhlas dalam islam yang harus kita ketahui, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sumber: https://www.catatanmoeslimah.com/