Keuntungan Pembangunan Web Portal

Keuntungan Pembangunan Web Portal

Keuntungan Pembangunan Web Portal

Keuntungan Pembangunan Web Portal

Adapun keuntungan yang bisa diperoleh dari pembangunan sebuah web portal adalah sebagai berikut:

a. Akses data yang dapat dikostumisasi 

Portal merupakan alat yang berguna untuk mengakses data khusus. Data yang berasal dari berbagai macam basis data, aplikasi, pengolah data, dokumen, ataupun presentasi dan sering disimpan pada platform perangkat keras.

b. Platform independen

Pengguna (user) bisa mengakses portal melalui berbagai platform (seperti Unix,Windows, atau Machintosh). Syaratnya sendiri yaitu web browser mendukung layanan portal karena portal menggunakan web sebagai jaringannya.

c. Akses tanpa kabel 

Pekerja bisa melihat laporan penting yang dikirimkan melalui portal ketika sedang bepergian atau jauh dari komputer. Lalu pekerja dapat pula menerima peringatan seperti ketika ada laporan yang masuk melalui Personal Data Assistance (PDA), pager, atau telepon digital.

d. Pengganti PC perusahaan 

Dengan disediakannya akses yang memuaskan ke berbagai informasi bisnis yang saling bersangkutan, portal dapat menggantikan PC karyawan yang banyak digunakan pada perusahaan.

e. Pengaturan dokumen yang mudah 

Karena akses data oleh portal dari basis data atau struktur direktori file, pengguna bisa mempublikasikan laporan, basis data, pengolah data, atau dokumen lain dengan mengkopi berkas ke direktori tertentu. Web crawler dapat secara rutin mengecek direktori dan indeks serta membuat penghubung ke dokumen yang baru.

Sumber: https://dosenpendidikan.co.id/