Kapan Tubuh Ketahuan Tertular Flu?

Kapan Tubuh Ketahuan Tertular Flu?

Kapan Tubuh Ketahuan Tertular Flu?

Kapan Tubuh Ketahuan Tertular Flu?
Kapan Tubuh Ketahuan Tertular Flu?

 

Virus influenza yang menyebabkan flu memiliki periode inkubasi

saat sudah masuk ke dalam tubuh seseorang. Kapan tubuh ketahuan tertular flu? Para ahli setuju orang dewasa yang terkena flu atau pilek bisa menular 1 hari sebelum mulai timbul gejala. Selama masa inkubasi ini, virus akan masuk ke dalam sel-sel sehat dan mengganggu kelangsungan hidup sel sehat dari dalam. Saat sel mulai terinfeksi, biasanya belum menunjukkan gejala apapun.

Baru ketika virus sudah menyebar ke seluruh tubuh maka setiap air liur atau bersin yang dikeluarkan orang flu akan mengandung virus tersebut. Karena itulah virus flu sangat mudah menyebar melalui cairan tubuh.

 

Saat virus sudah menyebar ke seluruh tubuh akan timbul gejala seperti sakit tenggorokan

badan terasa tidak enak dan pusing. Namun jika belum timbul gejala, sangat sedikit kemungkinannya menularkan ke orang lain.

Jika seseorang sudah terkena flu, maka periode menularnya ke orang lain bisa berlangsung 5-7 hari. Sedangkan bagi anak-anak, masa menularnya bisa berlangsung hingga dua minggu.

Seperti dikutip dari Howstuffworks, Rabu (31/3/2010) pada umumnya masa inkubasi virus flu pada seseorang akan berlangsung selama 2 hari. Namun pada beberapa kasus ada juga yang berlangsung sekitar 1-4 hari. Karena itu periode dari masa inkubasi virus flu ini sangat pendek.

 

Saat sedang flu, hal terpenting yang harus dilakukan adalah mengonsumsi banyak cairan

seperti air putih, jus, sup atau cairan lain serta istirahat yang cukup. Hal ini sangat penting untuk membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi dan menjaga kondisi agar tidak semakin memburuk.

Vaksinasi flu tahunan adalah salah satu cara untuk membangun perlindungan terhadap serangan virus flu. Meskipun vaksinasi ini tidak dapat memberikan perlindungan hingga 100 persen, tapi bisa mencegah kondisi agar tidak memburuk.

Pencegahan lain yang bisa dilakukan adalah menjaga kebersihan diri, menutup hidung dan mulut saat bersin, mengonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung vitamin serta konsumsi air yang cukup.

Baca Juga :