Jadwal Ujian Nasional Berbasis Komputer

Jadwal Ujian Nasional Berbasis Komputer

Jadwal Ujian Nasional Berbasis Komputer

Jadwal Ujian Nasional Berbasis Komputer
Jadwal Ujian Nasional Berbasis Komputer

Pada tahun 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memperluas pelaksanaan ujian

berbasis komputer baik untuk ujian nasional UN maupun ujian sekolah berstandar nasional USBN. Penyelenggaraan UN berlangsung pada bulan April hingga Mei 2017.

Jadwal ujian untuk SMK/MAK akan dilaksanakan terlebih dahulu pada tanggal 3 sampai dengan 6 April 2017. Untuk SMA/MA, pada tanggal 10 sampai dengan 13 April 2017. Untuk UN akan dilaksanakan menjadi dua gelombang sebagai solusi untuk masalah kurangnya fasilitas komputer.

Saat ini telah terdata sebanyak 12.053 sekolah/madrasah dengan kapasitas total 2.188.947 siswa

siap menjadi tempat pelaksanaan ujian berbasis komputer. Jadwal UN SMK/MAK, SMA/MA, dan SMP/MTs yang berbeda-beda, komputer dapat digunakan secara bergantian. Gelombang pertama UN SMP/MTs akan berlangsung pada 2, 3, 4, dan 15 Mei 2017, sedangkan gelombang kedua akan dilaksanakan pada 8, 9, 10, dan 16 Mei 2017.

“Sekolah atau madrasah dengan jumlah komputer lebih dari 20 buah dan memiliki server dapat ditetapkan menjadi tempat pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK), ”ujar Totok Suprayitno, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang).

Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, ujian berbasis komputer dilaksanakan

untuk meningkatkan efisiensi, mutu, reliabilitas, integritas, dan kehematan pelaksanaan ujian nasional.

“Masing-masing dinas laporkan (data jumlah komputer) kepada kami. Untuk solusi, misalnya bisa meminjam komputer dari lembaga kursus komputer di daerahnya, atau bekerja sama dengan perguruan tinggi setempat,” ujar Mendikbud.

Sementara Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen), Hamid Muhammad berpesan agar Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota segera menetapkan sekolah-sekolah penyelenggara UNBK dan merancang pengindukan sekolah-sekolah yang belum memiliki fasilitas memadai untuk UNBK

 

Sumber :

https://appliedanimalbehaviour.com/