Hubungan dengan Kebudayaan India

Hubungan dengan Kebudayaan India

Hubungan dengan Kebudayaan India

Hubungan dengan Kebudayaan India
Hubungan antara India dengan Indonesia telah terjalin sejak zaman dahulu kala. India dan Indonesia telah menjalin hubungan perdagangan sejak lama. Hubungan perdagangan ini juga telah mengakibatkan terjadinya pertukaran kebudayaan, terutama pengaruh budaya dan agama (Hindu dan Buddha) India ke Indonesia.
Pengaruh budaya India di Indonesia sangatlah besar. Pengaruh kebudayaan India ini sangat mudah diterima di Indonesia karena unsur-unsur budaya India telah ada dalam kebudayaan asli bangsa Indonesia, sehingga hal-hal baru yang mereka bawa mudah diserap. Meskipun kebudayaan Hindu yang datang dari India telah lebih maju dari pada peradaban Indonesia, akan tetapi kebudayaan Hindu sama primitive dalam arti kebudayaan Hindu berdasarkan cara berfikir yang kompleks dan emosiani. Dalam budaya Hindu kedudukan roh-roh dan kekuatan gaib juga dianggap penting.

1. Berdasarkan Sumber-Sumber Sejarah

Beberapa bukti pengaruh budaya India di Indonesia adalah :
  1. Ditemukan prasasti di Kerajaan Kutai dan Tarumanegara yang terpengaruh India, yaitu berbahasa Sanskerta dan berhuruf Pallawa.
  2. Adanya bangunan candi dan arca yang terpengaruh oleh Hindu dan Buddha.
  3. Adanya prasasti Sriwijaya yang ditulis dalam bahasa Melayu Kuno berhuruf Pallawa yang sudah menonjol unsur Indonesianya.
2. Berdasarkan Bukti-Bukti Arkeologi
Arca Buddha Candi Borobudur
  1. Adanya arca Buddha dari perunggu di Sempaga (Sulawesi Selatan) sebagai bukti tertua bergaya amarawati (gaya India Selatan), arca sejenis juga ditemukan di Jember dan Bukit Siguntang, Sumatra Selatan. Arca Buddha lainnya yang ditemukan di Kota Bangun, Kutai, bergaya gandhara (gaya India Utara).
  2. Adanya bukti Arkeologi di Indonesia bahwa pengaruh India ada dalam budaya Nusantara.
  3. Dalam berbagai hal pengaruh India itu terlihat. Di bidang pemerintahan muncul kerajaan, dalam bidang kebudayaan pengaruh India melahirkan candi megah di Nusantara, misalnya, candi Borobudur, Prambanan, di bidang sosial melahirkan ikatan-ikatan desa dan ikatan feodal.

baca juga :