Hebatnya Teknologi Pembayaran Dengan Scanner Wajah

Hebatnya Teknologi Pembayaran Dengan Scanner Wajah

Hebatnya Teknologi Pembayaran Dengan Scanner Wajah

Perkembangan teknologi kini sudah merambah di berbagai aspek kehidupan

, salah satunya adalah aspek ekonomi. Dalam sistem pembayaran, kini muncul inovasi baru yaitu sistem pembayaran dengan scanner wajah. Inovasi di dunia pembayaran ini dikembangkan oleh perusahaan teknologi NEC, dan Samsung di dalam smartphone Samsung Galaxy S8.

Pembayaran dengan Scanner Wajah
Seperti apa sistem pembayaran dengan scanner wajah itu? Dan bagaimana mekanisme penggunaannya?

Perusahaan NEC dari Jepang telah melakukan uji coba untuk sistem baru ini pada ribuan orang pegawai di perusahaan keuangan. Pemindaian wajah digunakan untuk tanda verifikasi pembayaran seperti halnya PIN ketika kita menggunakan kartu kredit.

Sistem pembayaran dengan scanner wajah sendiri dianggap lebih aman daripada PIN. Karena nomor PIN seringkali disalahgunakan oleh beberapa oknum, sementara pemindai wajah tak akan bisa digantikan atau digunakan oleh orang lain.

Jika sistem scan wajah ini nantinya benar-benar akan dilaksanakan

, maka akan ada sebuah alat dengan kamera kecil di setiap meja kasir. Setiap kali pembeli melakukan pembayaran, pembeli harus mengkonfirmasi dengan menunjukkan wajah di alat face recognition ini.

Pembayaran dengan scanner wajah pada smartphone Samsung Galaxy S8

Tak hanya perusahaan teknologi informatika NEC saja

yang mulai mengembangkan sistem pembayaran dengan scanner wajah. Brand smartphone ternama asal Korea Selatan, Samsung, juga melakukan hal yang sama pada ponsel Samsung Galaxy S8. Ponsel ini memiliki fitur face recognition yang diklaim lebih baik daripada fingerprint scan atau scan iris mata.

 

Baca Juga :