Guru Harus Beri Siswa Wawasan Baru

Guru Harus Beri Siswa Wawasan Baru

Guru Harus Beri Siswa Wawasan Baru

 

Guru Harus Beri Siswa Wawasan Baru

Guru harus mampu berikan wawasan baru pada siswa

Wawasan yang yang bukan bersifat koginitif, namun wawasan tentang pendidikan karakter serta pemberian sudut pandang baru bagi siswa dalam memandang kehidupan.

“Guru jangan hanya menyampaikan disiplin ilmu yang mereka kuasai, namun juga harus ajarkan pendidikan seperti moral, keagamaan, sosial dan kemasyarakatan,” ujar Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum dalam kunjungan kerjanya ke Kantor Dinas Pendidikan Jawa Barat, Jalan Radjiman 06, Kota Bandung, Senin (4/1/2019).

Wagub mengatakan

penguasaan siswa di ranah kognitif tak lagi cukup untuk menciptakan generasi yang cemerlang saat ini. “Pintar itu penting, jadi rangking satu itu bagus, namun pendidikan moral dan akhlaq juga sangat dibutuhkan,” tuturnya.

Selain itu, Wagub juga meminta para tenaga pendidik agar memberi pandangan baru tentang kehidupan kepada siswa, agar memiliki orientasi masa depan yang lebih luas.

Wagub mencontohkan

tujuan siswa sekolah kebanyakan hanya berorientasi pada kepemilikaan ijazah guna kebutuhan di dunia kerja nanti, sedangkan fungsi sekolah bukan hanya untuk mendapatkan ijazah, namun jadi tempat perkembangan kompetensi siswa. “Cita-cita akan berubah oleh lingkungan,”tambahnya.

Dalam kunjungannya tersebut

Wagub sambut oleh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dewi Sartika, Sekretaris Dinas Pendidikan Jawa Barat, Firman Adam, Kepala Bidang Pengembangaan Sekolah Menengah Atas, Yesa Sarwedi, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Dodin R. Nuryadin, Kepala Bidang Keguruan dan Tenaga Kependidikan, Asep Suhanggan, serta seluruh pejabat Disdik Jabar lainnya.

 

Artikel Terkait: