Evaluasi Adalah

Evaluasi Adalah

Evaluasi Adalah

Evaluasi Adalah

Evaluasi dalam bahasa Inggris dikenal

dengan istila Evaluation. Gronlund (1985) berpendapat evaluaasi adalah suatu proses yang sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan, sampai sejauh mana tujuan proram telah tercapai. Pendapat yang sama juga dikemukakan oleh Wrightstone, dkk (1956) yang mengemukakan bahwa evaluasi pendidikan adalah penaksiran terhadap pertumbuhan dan kemajuan siswa kearah tujuan atau nilai-nilai yang telah ditetapkan dalam kurikulum (Djaali & Pudji Muljono, 2007).

 

Sedangkan Endang Purwanti (2008: 6)

Berpendapat bahwa evaluasi adalah proses pemberian makna atau penetapan kualitas hasil pengukuran dengan cara membandingkan angka hasil pengukuran tersebut dengan kriteria tertentu.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa evaluasi adalah proses menilai sesuat berdasarkan criteria tertentu, yang selanjunya diikuti dengan pengambilan sebuah keputusan atas objek yang dievaluasi.

Dari pengertian diatas istilah

evaluasi dan penilaian hamper sama, bedanya dalam evaluasi berakhir dengan pengambilan keputusan sedangkan penilaian hanya sebatas memberikan nilai saja. Berdasarkan pengertian antara istilah pengukuran, penilaian dan evaluasi yang dikemukakan diatas, maka jelaslah sudah bahwa pengukuran, penilaian dan evaluasi merupakan tiga konsep yang berbeda. Namun demikian, dalam prakteknya dalam dunia pendidikan, ketiga konsep tersebut sering dipraktikkan dalam satu rangkaian kegiatan.

Beberapa perbedaan pengukuran, penilaian dan evaluasi

N0 Pengukuran Penilaian Evaluas
1 Dilakukan pertama kali sebelum melakukan proses selanjutnya Dilakukan sebagai tindak lanjut dari hasil pengukuran (pengumpulan informasi) sebelum membuat keputusan Kegiatan yang lebih kompleks, dimana mencakup pengukuran, penilaian dan membandingkan
2 Hasil berupa angka Hasil berupa kriteria dengan parameter tertentu Hasil berupa pengambilan keputusan atas suatu hasil penilaian
3 Berinteraksi langsung dengan obyek yang diukur. Berinteraksi dengan informasi yang telah dikumpulkn untuk diolah Berinteraksi dengan proses pengambilan keputusan terhadap suatu obyek.

Sumber : http://bkpsdm.pringsewukab.go.id/blog/pengertian-akhlak/