Efek Penggandaan

Efek Penggandaan

Efek Penggandaan

Efek Penggandaan
Efek penggandaan (multiplier effect) adalah pergeseran tamabahan pada permintaan agregat yangmuncul jika kebijakan fiscal ekspansif meningkatkan pendapatan yang menyebabkan kenaikan belanja konsumen.Efek pengendalian ini berlanjut,ketika belanja konsumen meningkat,perusahaan-perusahaan yang memproduksi barang-barang konsumen memperkerjakan lebih banyak orang dan meraih lebih banyak keuntungan.Pendapatan dan keuntungan yang lebih tinggi kembali mendorong belanja konsumen.Oleh karena itu,ada umpan balik positif terhadap permintaan yang meningkat yang menimbulkan kenaikan pendapatan dan menyebabkan permintaan menjadilebih meningkat.Apabila seluruh efek ini digabungkan,efek totalnya terhadap jumlah permintaan barang dan jasa dapat lebih besar dari pada rangsangan awal dari belanja pemerintah yang lebih besar.Efek penggandaan yang muncul akibat respons belanja konsumen ini dapat diperkuat melalui respons investasi terhadap tingkat permintaan yang lebih tinggi.

2.2.3  Rumus Penggandaan Belanja

Sedikit aljabar memungkinkan untuk menurunkan rumus besar efek penggandaan yang muncul dari belanja konsumen.Angka penting dalam rumus ini adalah kecenderungan konsumsi marginal (marginal propensity to consum-MPC),bagian pendapatan tambahan yang dikonsumsi oleh rumah tangga dan ditabungkan oleh rumah tangga.Sebagai contoh, anggap bahwa kecenderungan mengonsumsi marginal adalah 3/4. Ini berarti bahwa untuk setiap dolar tambahan yang diperoleh rumah tangga, rumah tangga tersebut membelanjakan $0,75 (3/4 dari satu dolar) dan menabung $0,25. Dengan MPC sebesar 3/4, ketika pegawai dan pemilik Buildit memperoleh pendapatan sebesar $20 miliar dari kontrak pemerintah, mereka meningkatkan belanja konsumen sebesar 3/4 x $20 miliar atau sama dengan $15 miliar. Untuk mengetahui dampak total terhadap permintaan barangdan jasa,maka akan menambahkan seluruh efek ini :
Perubahan belanjapemerintah     = $20 miliar
Perubahan pertama pada konsumsi       = MPCX      $20 miliar
Perubahan kedua pada konsumsi = MPC2X    $20 miliar
Perubahan ketiga pada konsumsi          = MPC3X    $20 miliar
“ ““ “
Jumlah perubahan permintaan     =(1+MPC+MPC2 +MPC3 + ….) x $20 miliar
Disini,”..” melambangkan angka tidak terhingga yang sejenis. Dengan demikian,kita dapat menuliskan rumus penggandaan sebagai berikut :

Pengganda = 1 + MPC + MPC2 +MPC3 + …
Pengganda inimemberitahukan permintaan baragdan jasa yang dihasilkanoleh setiap dolar belanja pemerintah.
Untuk menyederhanakan persamaan pengganda ini,ingat kembali bahwa ungkapan ini merupakan deret geometris tak hingga.Untuk x antara -1 dan +1
1 + x + x2 + x3 + … = 1/(1-x)
Dalam kasus kita,x = MPC sehingga
Pengganda = 1÷ (1 – MPC)
Rumus penggandaan ini memberikan kesimpulan penting : Besar pengganda bergantung pada kecenderungan mengonsumsi marginal.

sumber ;
https://www.allisonblack.org/seva-mobil-bekas/