Doa Sehari Hari Lengkap

Doa Sehari Hari Lengkap

Doa Sehari Hari Lengkap

Doa Sehari Hari Lengkap
Doa Sehari Hari Lengkap

Agar semua kegiatan kita senantiasa berkah dan mendapat nilai ibadah di sisi Allah SWT, maka hendaklah setiap akan melakukan kegiatan kita berdoa kepada Allah SWT, beberapa doa sehari-hari yang patut kita ketahui adalah sebagai berikut:

Doa ketika akan memakai pakaian

Pertama ucapkanlah basmalah, lantas berdoa seperti doanya Rasulullah Saw, yaitu: “aku meminta kepada-Mu dari kebaikannya (baju) dan kebaikan sesuatu yang ada pada baju. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya (baju) dan kejelekan sesuatu yang ada pada baju”.

Ketika sudah selesai berpakaian dan sudah rapi semua, maka bacalah doa: “Segala puji bagi Allah yang telah memberiku pakaian dengan tanpa reka dan kekuatan dari diriku”.

Doa ketika melepas pakaian

Rasulullah Saw bersabda, “Tutup yang menghalangi auratnya manusia dari pandangan jin dan setan adalah dengan berdoa”:
“Dengan nama Allah yang tidak tuhan kecuali Dia”.

Doa ini dibaca baik ketika melepas kancing baju ataupun celana.

Doa ketika keluar rumah

Diriwayatkan dari Umi Salamah, bahwa, sesungguhnya ketika Rasulullah Saw., keluar dari rumah selalu menyempatkan diri untuk selalu berdoa:

“Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada Allah, Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari tersesat dan disesatkan, dari tergelincir atau digelincirkan, dari menganiaya atau di aniaya, dari kebodohan atau dibodohkan”.

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa, setiap Rasulullah Saw,. keluar rumah selalu berdoa: “Dengan nama Allah, (Aku) berserah diri hanya kepada Allah, tidak ada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah”.

Doa ketika masuk rumah

Diterangkan dalam kitab Al Adzkar al Nawawi, bahwa, ketika masuk rumah disunahkan membaca basmalah dan mengucapkan salam, baik rumah itu berpenghuni atau tidak, karena firman Allah yang berbunyi; “Jika kalian masuk rumah maka ucapkanlah salam (sekalipun) untuk diri kalian, sebagai penghormatan dari Allah yang penuh barakah dan bagus”.

Disamping membaca basmalah dan salam, (sebaiknya) berdoalah dengan doa sebagai berikut: “Ya, aku memohon kepadamu kebaikan tempat (dimana akujmasuk dan tempat aku keluar, Dengan menyebut nama Allah aku masuk (rumah). Dan dengan (menyebut) nama Allah aku keluar (rumah). Dan kepada Allah, tuhanku, aku berserah diri.”

Doa ketika mau masuk kamar kecil atau WC.

Diriwayatkan dari Anas r.a., bahwa Rasulullah setiap mau masuk kamar keil beliau berdoa: “Ya Allah aku berlindung kepada Mu dari (godaan) setan laki laki dan setan perempuan”.

Dan ketika sudah berada didalam kamar kecil, maka dimakruhkan berbicara, dzikir, bershalawat, bertahmid ketika bersin, menjawab salam, menjawab orang adzan dll. Namun apabila dijalankan didalam hati, maka tidak makruh.

Doa ketika keluar dari kamar kecil

Ketika keluar dari kamar kecil atau WC, hendaklah mengucapkan: “Aku memohon ampun kepada-Mu, Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan rasa sakit dari diriku, dan yang telah memberikan kesehatan (badan) kepadaku. Segala puji bagi Allah yang telah memberiku kenikmatan makanan, dan menetapkam kekuatannya, serta menghilangkan rasa sakitnya”.

Doa ketika mandi

Ketika mau mandi, sunah membaca basmalah, baik mandi junub ataupun mandi haid. Hanya saja dalam membaca basmalah tidak boleh diniati membaca al Qur’an. Dan yang dimaksud mandi dalam masalah ini adalah mandi dari haid atau junub.

Sumber: https://www.dutadakwah.co.id/niat-sholat-fardhu/