Dampaknya Terhadap Ekonomi Indonesia

Dampaknya Terhadap Ekonomi Indonesia

Dampaknya Terhadap Ekonomi Indonesia

Dampaknya Terhadap Ekonomi Indonesia
Dampaknya Terhadap Ekonomi Indonesia

Dampak krisis finansial global ke Indonesia

Lebih banyak ditransmisikan lewat jalur perdagangan atau makroekonomi dibandingkan jalur finansial.  Ini disebabkan oleh rendahnya penempatan dana perbankan atau lembaga keuangan domestik terhadap aset-aset bermasalah dari pasar finansial global. Hal ini tidak terlepas dari berbagai peraturan Bank Indonesia yang menerapkan sejumlah batasan terhadap aktivitas yang dilakukan perbankan.

 

Dampak krisis melalui jalur perdagangan ini tidak terlepas dari karakteristik

Ekspor Indonesia yang didominasi oleh komoditas primer dan negara tujuan ekspor yang kurang terdiversifikasi. Dari sisi sektoral, kontraksi akan segera terlihat pada sektor-sektor tradables, sekaligus merupakan sektor penyerap tenaga kerja terbesar. Gelombang pemutusan hubungan kerja yang sudah mulai terjadi, diperkirakan semakin berlanjut. Kondisi ini pada gilirannya akan memperkecil pansar tenaga kerja dalam pendapatan nasional.

 

Berdasarkan pemetaan terhadap distribusi pendapatan nasional terdapat indikasi

Adanya keterkaitan yang kuat antara labor share dalam pendapatan nasional dan pergerakan konsumsi masyarakat. Gelombang pemutusan hubungan kerja apabila terus terjadi akan menyebabkan penurunan konsumsi masyarakat yang signifikan. Terganggunya kinerja sektor riil ini selanjutnya berpotensi meningkatkan intensitas transmisi krisis melalui jalur financial secara tidak langsung dalam bentuk terhambatnya kemampuan melakukan pembiayaan ekonomi.

 

Bagi perbankan, lesunya kegiatan usaha dan meluasnya pemutusan hubungan kerja

Berpotensi meningkatkan kredit nonlancar (nonperforming loan/NPL) bank dan pada lanjutannya akan menahan bank dalam menyalurkan kreditnya. Dari sisi pelaku usaha, performa ekonomi yang buruk juga akan berimbas pada menurunnya tingkat profit usaha, yang selama ini menjadi salah satu sumber bagi pembiayaan bisnisnya. Kondisi ini pada akhirnya akan menahan pelaku usaha dalam melakukan ekspansi bisnisnya sehingga pertumbuhan ekonomi akan mengalami perlambatan.

Sumber : https://blog.dcc.ac.id/contoh-teks-ulasan/