Dalil Anjuran Bersiwak dan Cara Memakainya

Dalil Anjuran Bersiwak dan Cara Memakainya

Dalil Anjuran Bersiwak dan Cara Memakainya

Dalil Anjuran Bersiwak dan Cara Memakainya
Dalil Anjuran Bersiwak dan Cara Memakainya

Dalil-dalil Anjuran Bersiwak

Dari Ali bin Abi Thalib, rasulallah bersabda, “Sesungguhnya seorang hamba bila bersiwak lalu berdiri mengerjakan salat, maka berdirilah seorang malaikat dibelakangnya lalu mendengarkan bacaannya dengan seksama kemudian dia mendekatinya (atau dia mengucapkan kalimat seperti itu) hingga malaikat itu meletakkan mulutnya diatas mulut orang yang membaca al-Qur’an, maka tidaklah keluar dari mulutnya bacaan al-Qur’an itu melainkan langsung ke perut malaikat, oleh sebab itu bersihkanlah mulut-mulut kalian untuk membaca al-Qur’an. Dikeluarkan oleh Abdullah bin al-Mubarak dalam kitabnya az-Zuhd no. 1211, al-Mundziri dalam at-Targhiib dan at-Tarhiib dan al-Albani berkata: Hasan shahih (Shahih at-Tarhiib no. 215).
“Siwak merupakan kebersihan bagi mulut dan keridhoan bagi Rob”. (HR: Ahmad, irwaul golil no 66 [shohih]).
“Kalau bukan karena akan memberatkan umatku maka akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan salat”. (HR: Bukhori dan Muslim, irwaul golil no 70)
”Aku bertanya kepada ‘Aisyah: “Apa yang dilakukan pertama kali oleh rasulullah jika dia memasuki rumahnya?” Dia menjawab ”Bersiwak”. (HR: Muslim, irwaul golil no 72)

Cara Menggunakan Siwak Yang Baik dan Benar

Batang atau cabang siwak dipotong berukuran pensil dengan panjang 15-20 cm. Stick kayu siwak ini dapat diambil dari akar, tangkai, ranting, atau batang tanamannya. Stick dengan ukuran diameter 1 cm dapat digigit dengan mudah dan memberikan tekanan yang tidak merusak gusi apabila digunakan.
Kulit dari stick siwak ini dihilangkan atau dibuang hanya pada bagian ujung stick yang akan dipakai saja.
Bagian ujung stick siwak yang sudah dihilangkan kulit luarnya digigit-gigit atau dikunyah-kunyah sampai membentuk bulu-bulu lembut.
Sekarang anda dapat menggunakan siwak tersebut, bagian siwak yang sudah membentuk seperti bulu-bulu digosokkan pada gigi, dan bisa juga digunakan untuk membersihkan lidah.
(Sebelum digunakan, sebaiknya siwak direndam dalam air segar selama 1 hari sebelum digunakan, karena siwak yang kering dapat merusak gusi).

Baca Juga: