WiFi

Cara Mengetahui Password WiFi yang Tersimpan di HP OPPO A37 Tanpa Root

Cara Mengetahui Password WiFi yang Tersimpan di HP OPPO A37 Tanpa Root

WiFi

  1. Download dan install aplikasi manager file pihak ketiga, yaitu “ES File Explorer” yang bisa di-download  di playstore
  2. Tap Aplikasi Settings/Pengaturan untuk membuka menu pengaturan.
  3. Scroll ke bawah, cari hingga ke menu Additional settings kemudian buka.
  4. Pada menu tersebut pilih Back up & reset seperti screenshot di bawah ini.
  5. Pada submenu Back up & reset pilih dan buka Local backup.
  6. Setelah terbuka aplikasi Backup/Pencadangan tap Create new backup.
  7. Selanjutnya hilangkan semua centang dan buka menu list System data/Data sistem, kemudian pilih dan beri centang pada Settings/Pengaturan untuk memcadangkannya.
  8. Tap Done/Selesai jika proses backup/pencadangan sudah selesai 100%.
  9. Selain dengan langkah 1-7 bisa juga langsung buka aplikasi Backup and Restore-nya yang secara default berada di dalam folder Home Screen Tools/Alat.
  10. Sesudah selesai di-backup, buka aplikasi Files/Manager berkas.
  11. Lalu tap All Files untuk membuka file di memori internal atau eksternal.
  12. Tap dan buka SD Card pada menu All Files seperti gambar berikut.
  13. Pada lokasi storage/penyimpanan SD Card/Kartu memori buka folder Backup.
  14. Pada folder Backup pilih dan buka sub folder Data seperti berikut.
  15. Pada sub folder Data buka folder hasil backup yang baru dilakukan (biasanya paling bawah yang paling baru di-backup, lihat tanggal dan waktu pada nama folder-nya).
  16. Selanjutnya buka folder Setting di dalam folder backup (di dalam folder tanggal dan waktu yang terbaru). Misal pada gambar di bawah ini yang terbaru adalah folder 2019-10-11-053647 dengan 05 menandakan jam 5 pagi, 36 menit ke 36, dan 47 menandakan detiknya.
  17. Tap file “wifiConfig.tar” kemudian akan diarahkan ke aplikasi file manager yang sudah dipasang sebelumnya, jika terdapat lebih dari satu aplikasi file manager pihak ketiga maka akan diminta untuk memilih salah satu diantara keduanya untuk membukanya.
  18. Jika anda memilih/menggunakan aplikasi file manager pihak ketiga “ES File Explorer” maka tampilannya seperti berikut, kemudian tap untuk membuka folder datanya.
  19. Dalam folder data tersebut kemudian dibuka lagi sub folder datanya.
  20. Setelah itu buka file wifiConfig yang berada di dalam sub folder data.
  21. Di sini lah tempat file pengaturan dan data WiFi yang tersimpan. Ada beberapa file dan kita di sini hanya perlu membuka file “wpa_supplicant.conf” untuk melihat username SSID dan password Wi-Fi yang sudah terhubung dan tersimpan sebelumnya.
  22. Sesudah diklik/tap akan diminta untuk membuka file format tersebut dengan beberapa aplikasi text viewer atau text editor, pilih saja aplikasi “ES Note Editor“.
  23. Setelah terbuka, maka sobat dapat melihat semua SSID dan password dari Wi-Fi yang pernah terhubung sebelumnya baik yang menggunakan password maupun open (tanpa password). SSID yang merupakan nama jaringan yang sudah sobat hubungkan dan psk merupakan password dari SSID tersebut. Jika tidak ada tulisan “psk” dan “key_mgmt = NONE” berarti jaringan Wi-Fi tersebut tidak memiliki password keamanan. Untuk mencari SSID dan password Wi-Fi yang ingin dilihat dapat di-scroll ke bawah dan cari nama SSID-nya.
  24. Jika sobat menggunakan aplikasi file manager Root Explorer” tampilannya seperti berikut. Kemudian buka folder datanya sama seperti pada “ES File Explorer“.
  25. Buka sub folder datanya lagi seperti pada aplikasi ES File Explorer.
  26. Kemudian buka file wifiConfig-nya sama seperti pada ES File Explorer.
  27. Selanjutnya scroll ke bawah, cari dan buka file “wpa_supplicant.conf”.
  28. Maka akan langsung terbuka isi file SSID dan Wi-Fi password-nya.
  29. Selesai dehh…

SUMBER : https://coolpadphone.com/wifi-oppo-tidak-bisa-on-terbaru/