Cara Mengatasi Ikan Arwana Mogok Makan

Cara Mengatasi Ikan Arwana Mogok Makan

Cara Mengatasi Ikan Arwana Mogok Makan

Cara Mengatasi Ikan Arwana Mogok Makan
Cara Mengatasi Ikan Arwana Mogok Makan

Bagaimana cara mengatasi ikan arwana yang mogok makan? Di kalangan pencinta ikan hias, ikan air tawar begitu populer. Ikan ini kerap disebut-sebut sebagai ikan air tawar yang paling indah. Warna sisiknya yang begitu mempesona dengan gerakan badan yang sangat gemulai menjadi daya tarik tersendiri bagi ikan ini.

Jadi jangan heran ya jikalau harga ikan arwana tergolong amat mahal. Seekor ikan arwana yang ukurannya masih sebesar jari tangan orang cukup umur saja sudah dibanderol dengan nominal ratusan ribu sampai jutaan rupiah tergantung jenisnya. Itulah kenapa, para pemilik ikan arwana akan memelihara seluruh ikan kepunyaannya dengan sungguh-sungguh.

Bagaimana cara mengatasi ikan arwana yang mogok makan Simak Cara Mengatasi Ikan Arwana Mogok Makan

Tetapi sebagai makhluk hidup, ikan arwana juga bisa kehilangan nafsu makan. Ada beberapa faktor yang dapat menjadikan timbulnya dilema tersebut pada ikan. Berikut ini penyebab-penyebab ikan arwana menjadi mogok makan dan cara mengatasinya!

Kondisi Air sudah Kotor

Seiring dengan berjalannya waktu, air di akuarium yang tadinya bersih akan bermetamorfosis kotor. Begitu pula dengan parameter air yang lain menyerupai tingkat keasaman, suhu air, dan kadar oksigen terlarut tidak sesuai dengan syarat hidup ikan arwana. Akibatnya ikan pun sulit menyesuaikan diri dengan lingkungannya sehingga ia tampak gelisah.

ikan hiu megalodon – Untuk mengatasi dilema ini, Anda cukup mengganti 30-50 persen volume air akuarium secara berturut-turut selama 2-3 hari. Mulailah dengan membuang 30 persen volume air menggunakan pipa kapiler. Kemudian isi air ke akuarium kembali dengan jumlah yang sama. Perhatikan air yang digunakan harus memiliki pH dan suhu sesuai dengan air di akuarium. Alangkah baiknya bila air tersebut didiamkan selama semalaman terlebih dahulu.

Pemberian Pakan yang Berlebihan

Pemberian pakan yang berlebihan (overfeeding) juga dapat menjadikan ikan arwana kehilangan nafsu makannya. Apalagi bila pakan yang diberikan setiap hari selalu sama. Solusi untuk mengatasi dilema ini yaitu menghentikan tunjangan pakan selama 5-7 hari. Tujuannya tentu saja untuk membuat ikan tersebut merasa kelaparan. Ketika perut ikan arwana sudah keroncongan makan ia akan memakan pakan apapun yang diberikan kepadanya.

Ikan Terkena Infeksi

Penyebab ikan arwana yang tidak nafsu makan berikutnya adalah ikan sedang sakit. Ikan terkena bisul atau penyakit lainnya yang membuatnya kehilangan nafsu makan. Kalau sudah begini, Anda harus menunjukkan pengobatan sesuai dengan gejala yang timbul. Sebaiknya ikan yang tengah terkena penyakit ini dikarantina untuk sementara waktu di akuarium yang terpisah sampai ia sembuh.

Ikan sedang Beradaptasi

Ikan arwana tergolong ikan yang cukup sulit untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Dibutuhkan waktu yang cukup lama biar ikan tersebut bisa menyesuaikan diri dengan keadaan di sekelilingnya. Adalah sebuah kewajaran dikala ikan arwana yang dipindahkan ke akuarium yang gres mengalami stres. Tetapi Anda tidak perlu khawatir. Paling lama seminggu, ikan ini bakal eksklusif melahap pakan yang diberikan untuknya.