Cara Menanam Sawo dalam Pot

Cara Menanam Sawo dalam Pot

Cara Menanam Sawo dalam Pot
Cara Menanam Sawo dalam Pot

A. Sipat-sipat Tanaman Sawo

Tanaman sawo tumbuh menahun , batangnya berkayu keras , dan percabangannya rapat. Umumnya , bunga muncul dari ketiak-ketiak daun. Sementara itu , buahnya menggantung pada tangkai buah. Daging buah cukup tebal , mengandung banyak air , bergetah , dan beraroma khas. Bijinya berbentuk lingkaran memanjang atau lingkaran pipih , berwarna hitam mengilap , dan berkeping dua.

B. Syarat Tumbuh Tanaman Sawo

Pertumbuhannya optimal jikalau dibudidayakan di tempat yang beriklim lembap hingga kering.
Curah hujan yang dikehendaki 2.000—3.000 mm per tahun.
Suhu yang diharapkan 22—32° C.
Daerah yang disenangi ialah dataran rendah hingga ketinggian 700 m dpl.

C. Jenis-jenis Sawo

Beberapa jenis sawo yang ada di pasaran di antaranya sawo manila kulon , manila betawi , manila malaysia , manila karat , sawo apel lilin , sawo apel kelapa , dan sawo duren.

D. Memindahkan Bibit Sawo dari Polibag ke Pot

Sediakan pot berdiameter 40 cm. Pot juga sebaiknya memiliki kaki dan berlubang di bab dasarnya.
Masukkan pecahan genting di dasar pot. Jika ada , tambahkan juga mos dan ijuk ke dalamnya.
Masukkan campuran media tanam berupa tanah subur , pasir dan pupuk sangkar (2 : 1 : 1); campuran tanah , sekam padi dan pupuk sangkar (1 : 1 : 1); atau campuran tanah , serbuk gergaji dan pupuk sangkar (1 : 1 : 1) hingga ketinggian setengah pot.
Keluarkan bibit dari polibag , potong juga sebagian akar , cabang , ranting , atau daun yang berlebihan. Selanjutnya , tanam dan padatkan media tanamnya. Tambahkan lagi media tanam hingga ketinggian 2 cm di bawah bibir pot. Siram hingga media tanam lembap , lalu simpan di tempat teduh selama seminggu.

E. Perawatan Harian Tabulampot Sawo

a. Penyiraman
Ketika masih muda , tanaman sawo perlu disiram minimum dua hari sekali dikala demam isu kemarau. Semakin renta tanaman , penyiraman mampu dikurangi.

b. Pemupukan
Pada umur satu bulan , berikan pupuk NPK 15-15-15 sebanyak 50 gram per pot. Pupuk diberikan dengan cara dibenamkan di dalam media sekitar 10 cm setiap 3 bulan sekali. Jika tanaman mulai berbunga , gunakan pupuk NPK 15-20-20 sebanyak 100 gram per pot. Selain itu , per tahun sebelum tanaman berbuah. Selain urea dan NPK , berikan juga pupuk sangkar sebanyak 5—10 kg per pohon setiap 6 bulan sekali.

Baca Juga: https://berkebun.co.id/budidaya-jamur-tiram/

c. Pemangkasan
Tanaman sawo juga perlu dipangkas untuk mempercepat pembuahan. Cara yang diterapkan sama halnya dengan pemangkasan pada tanaman buah lain , yakni menggunakan teknik 1-3-9. Selain pemangkasan cabang utama , cabang air , cabang yang tumbuh liar , dan cabang yang sakit juga perlu dipangkas secara rutin biar tanaman dapat tumbuh optimal.
perawatan tabulampot sawo

F. Agar Tanaman Sawo Rajin Berbuah

Sekitar 3 bulan sebelum datang demam isu hujan , lakukan stresing air , yakni tanaman tidak disiram selama seminggu. Setelah itu , siram sedikit demi sedikit selama 3 hari , dan keringkan lagi. Lakukan teknik pengeringan berulang-ulang hingga muncul tunas-tunas gres untuk pembungaan. Lilitkan kawat di bab pangkal batang. Berikan zat pengatur tumbuh , ibarat Dekamon atau Atonik , dengan dosis sesuai anjuran