Batu Bata

Batu Bata

Bata merupakan material penting dalam konstruksi. Peran batu bata adalah sebagai fondasi sebuah bangunan. Semakin maju zaman perkembangannya maka semakin dibutuhkan bahan pondasi bangunan yang kuat, ringan dan mudah digunakan. Beban yang perlu dipikul terutama untuk bangunan bertingkat pasti lebih tinggi dan juga berpengaruh pada material yang akan digunakan. Jika Anda ingin membangun sebuah bangunan, pilihlah bata yang berkualitas baik untuk itu. Karena ini berkaitan dengan kualitas bangunan Anda.

Batu bata merah

Batu bata merah yang dimaksud adalah batu bata yang terbuat dari tanah liat yang dibakar sampai benar-benar kering, mengeras dan berwarna kemerahan. Karena terbuat dari tanah liat, orang-orang di dalamnya akan merasa nyaman dan sejuk. Selain itu bata jenis ini juga tahan api, sehingga bisa menjadi perlindungan khusus untuk Anda. Jenis ini awet dan tahan terhadap kondisi cuaca dan benda tajam. Selain itu, material ini sangat tahan panas, sehingga dapat menjadi pelindung tersendiri bagi bangunan Anda dari bahaya kebakaran.
Adapun manfaat bata merah

Tahan panas
Mudah dibentuk di bidang kecil
Tidak diperlukan keahlian khusus untuk pemasangan
Ukuran kecil

Bata beton

Batako jenis ini biasanya dibuat dari campuran semen dan pasir kasar. Namun beberapa di antaranya terbuat dari campuran tras, jeruk nipis dan air. Saat ini pun, batu bata yang beredar terbuat dari campuran semen, pasir dan batu bara.

Batu bata yang dapat didaur ulang di pasaran dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu:
Bata Putih (Tras)

Panjangnya biasanya 25-30 cm, tebal 8-10 cm dan tinggi 14-18 cm.
Bata putih terbuat dari campuran trass, batu kapur dan air. Campuran dicetak dan kemudian dipanggang. Tras adalah sejenis tanah berwarna putih kecoklatan yang berasal dari batuan vulkanik.

Bata Semen PC / Bata Press
Manfaat Batako

Lebih mudah untuk memotong sambungan tertentu yang membutuhkan pemotongan
Kedap air, sehingga rembesan air tidak mungkin terjadi
Ukuran besar

BATATON (Bata beton)

Baton terbuat dari campuran semen, agregat, pasir, kerikil, air dan bahan lainnya. Sebuah rongga tetap ada di dalam batu bata ini. Rongga ini dapat digunakan untuk pipa ledeng atau benda lain sesuai kebutuhan.

Bentuk tongkat ini meninggalkan rongga internal. Rongga dapat diisi dengan baja untuk tiang kolom, dan juga dapat digunakan sebagai saluran pipa air dan saluran listrik.
Manfaat BATATON

Penggunaan rangka beton kaku lebih lebar, dari 9 menjadi 12 m2.
Instalasi lebih cepat
Kedap air, sehingga rembesan air tidak mungkin terjadi
Jangan rendam dalam air sebelum digunakan.

bahan kontruksi dan terpercaya lainnya: tubaguskencanaarsitek.co.id

Harga batu bata

Tingginya permintaan batu bata telah menciptakan harga yang bervariasi. Harga batu bata umumnya kurang dari Rs 1.000 per biji. Ini tentu saja tergantung kualitas dan tipenya.