Bahas Perencanaan Kota di Era Digital Lewat Cities

Bahas Perencanaan Kota di Era Digital Lewat Cities

Bahas Perencanaan Kota di Era Digital Lewat Cities

Bahas Perencanaan Kota di Era Digital Lewat Cities
Bahas Perencanaan Kota di Era Digital Lewat Cities

Hadirnya konsep fenomena industri 4.0 mendorong adanya perubahan secara masif

pada perencanaan kota secara umum yang memancing respon dari kalangan peneliti untuk memberikan sumbangsih pemikiran. Mewadahi hal tersebut, Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan menggelar Cities International Conference bertajuk Spatial Planning in the Digital Age to Achieve Sustainable Development di Auditorium Research Center ITS, Rabu (16/10).

Mengawali konferensi ini, Kepala Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota Adjie

Pamungkas ST MDev Plg PhD mengungkapkan, ada tiga subpanel yang diadakan di antaranya Spatial Planning Process, Smart City and E-Governance, dan Sustainable Development. Ada 200 peserta yang mengikuti seminar pada hari pertama dan 41 paper dari empat negara yang akan disajikan pada sesi panelis.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng dalam pidato pembukaannya mengatakan, penggunaan teknologi bagi perencanaan kota sangatlah penting jika ingin survive (bertahan) di era industri 4.0. “Nantinya, penggunaan teknologi ini akan berdampak banyak pada bidang-bidang seperti ekonomi, transportasi, dan lain-lain yang akhirnya bermuara pada perwujudan konsep sustainable development,” tutur rektor yang karib disapa Ashari ini.

Hadir pula dalam konferensi ini, empat pemateri kunci dalam setiap bidang

yang bersangkutan. Keempat pemateri ini di antaranya Prof Dr Ing Hendro Wicaksono dari Jacobs University, Prof Josaphat Tetuko Sri Sumantyo PhD dari Chiba University, Prof Ibnu Syabri BSc MSc PhD dari Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Cahyono Susetyo ST MSc PhD dari PWK ITS.

 

Sumber :

https://portal.asun.edu/ICS/Academics/UNIV/UNIV__1001/141C-UNIV__1001-D1_15/Start_Here.jnz?portlet=Blog&screen=View+Post&screenType=next&Id=6d0f3410-0be4-4be2-8af5-76ce82d7a23c