Android tidak bisa terkoneksi jaringan Wifi Speedy

Android tidak bisa terkoneksi jaringan Wifi Speedy

 

Sebenarnya bukan hanya jaringan Speedy saja, namun hampir rata – rata yang mengalami adalah pengguna speedy. kasusnya adalah Android tidak bisa konek ke jaringan wifi dan tidak bisa browsing, padalah koneksi di komputer lancar dengan jaringan yang sama. penyebabnya adalah karena perangkat android kamu pernah di setting menjadi IP statik secara manual.

yup, pengaturan IP pada android baik itu smarphone maupun tablet ada 2 jenis,

  1. IP Dynamic (DHCP). dimana IP akan secara dinamik berubah menyesuaikan ip yang tersedia pada router.
  2. IP Static. dimana kita mengatur IP secara manual dan tidak akan berganti kecuali kita sendiri yang menggantinya.
nah, masalah yang biasanya terjadi adalah karena kita pernah menggati settingan menjadi IP static, dimana di router yang biasa kita gunakan adalah ip standar 192.168.1.1 namun ketika kita berpindah lokasi yang berbeda jaringan router, misalnya 192.168.1.254 maka secara otomatis android kita tidak akan pernah tersambung ke jaringan yang baru tersebut karena IP gateawaynya tidak sama.
cara menggati settingan IP pada android adalah sebagai berikut.
tap and hold
masuk ke pengaturan Wi-fi. tap > tahan di wifi yang kamu pilih

masuk ke bagian pengaturan wi-fi, setelah daftar wi-fi yang ingin kamu koneksikan sudah muncul, kamu tap lalu tahan beberapa detik hingga muncul dialog box seperti pada gambar di atas. lalu kamu pilih menu Modify Network.

mengatur settingan ip pada android
atur settingan ip pada android

setelah itu kamu scroll kebawah, lalu beri tanda ceklist pada “Show advanced options”. scroll lagi kebawah, akan ada IP settings, nah kalau sudah dalam keadaan static, berarti android kamu sudah pernah menggunakan ip manual, silahkan di cek. masukan ip address yang baru, default untuk router speedy 192.168.1.1 – 192.168.1.254 (silahkan pilih dari rentang 1 sampai 254). untuk gateaway, secara default 192.168.1.1, namun jika tidak bisa juga, kamu harus bertanya kepada network admin berapa IP gateaway yang di gunakan. lalu klik save.

setelah itu kamu bisa mencoba mengkoneksikan jaringan wifi tersebut, dan coba browsing. jika berhasil maka masalah Android tidak bisa terkoneksi ke wi-fi sudah teratasi. cukup mudah bukan 🙂
kedua cara diatas bisa di terapkan di android Samsung, asus, xperia, htc, oppo, lenovo, andromax, dll.

itu saja artikel Solusi Tidak Bisa Connect Wifi pada Android dan Tablet. semoga bermanfaat bagi kamu semua, amin…