Alquran dan Sunnah, Kunci Perkembangan Peradaban Islam

Alquran dan Sunnah, Kunci Perkembangan Peradaban Islam

Alquran dan Sunnah, Kunci Perkembangan Peradaban Islam

Alquran dan Sunnah, Kunci Perkembangan Peradaban Islam
Alquran dan Sunnah, Kunci Perkembangan Peradaban Islam

Dr Eldaw Awadelkarim Ali menyampaikan peradaban Islam akan terus mengalami kemajuan selama Alquran dan Sunnah

tetap dijadikan sebagai pedoman utama dalam setiap aspek kehidupan.

Hal itu disampaikan dosen Universitas Omdurman, Sudan, saat mengisi materi Ngaji Peradaban Dunia Islam dalam momentum Pekan Ngaji 4 Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata di halaman madrasah putri kompleks pesantren Desa Panaan, Palengaan, Minggu (13/1/2019) malam.

“Kemajuan peradaban Islam juga ditandai dengan perempuan, karena perempuan adalah simbol masyarakat.

Jika perempuan baik, maka sekelilingnya juga akan baik,” kata Dr Eldaw Awadelkarim Ali, kepada peserta yang didominasi para santri putri.

Ia juga mengimbau agar perempuan selalu berupaya memperbaiki diri sesuai dengan anjuran alquran dan Sunnah. “Perempuan harus memperbaiki diri, memantapkan niat untuk menjadi daiyah yang ‘alimah. Tentunya harus diiringi dengan akhlak yang baik dan memperdalam ilmu agama, seperti tafsir, Fiqh, ushul fiqh dan lainnya,” imbaunya.

Tidak hanya itu, ia juga menyarankan agar semua umat khususnya perempuan agar selalu giat

belajar guna memahami makna dan esensi dari kehidupan yang sebenarnya. “Prinsipnya usia manusia tidak diukur dengan hitungan tahun, tapi diukur dengan pengetahuan. Semakin banyak mereka belajar, maka semakin bertambah pengetahuan yang mereka miliki,” jelasnya.

“Tidak kalah penting, hak yang sangat harus kita syukuri adalah bahwa kita bisa melihat dan merasakan segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan kita. Hal itu merupakan salah satu nikmat luar biasa yang harus senantiasa kita syukuri,” sambung Dr Eldaw Awadelkarim Ali.

Dari itu ia menyampaikan secara keseluruhan sudah dijelaskan secara gamblang dalam sumber ajaran utama umat Islam, yakni alquran dan Sunnah. “Jadi peradaban Islam akan mengalami kemajuan, selama al-Qur’an dan Sunnah tetap menjadi pedoman utama dalam setiap aspek kehidupan,” pungkasnya.

 

Sumber :

https://www.ram.co.id/