5 Tips Memancing Ikan di Laut Yang Benar

5 Tips Memancing Ikan di Laut Yang Benar

Bagaimana tips memancing ikan di laut yang benar? Bagi para penghobinya, kegiatan memancing merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi kalau kegiatan tersebut dilakuakan di tempat yang berbeda dan sangat menantang. Yap, salah satunya ialah mancing di lautan lepas.

Aktivitas memancing ikan di laut kini tengah menjadi tren tersendiri di Indonesia, khususnya di kota-kota besar. Berbeda dengan di sungai atau danau, kondisi laut yang begitu luas memungkinkan banyaknya ragam ikan yang mampu kita peroleh. Di satu sisi kita dapat menyalurkan hobi berburu ikan. Dan di sisi lain kita pun mampu sekaligus berekreasi ke tempat yang mengagumkan dan melepaskan kepenatan.

Bagaimana tips memancing ikan di laut yang benar Simak Nih, 5 Tips Memancing Ikan di Laut yang Benar. Berikut ini tips-tips yang mampu Anda pelajari untuk bekal memancing di laut!

Pilihan Umpan Mancing

Bagi Anda yang ingin memancing ikan di tepi laut, Anda mampu menggunakan umpan berupa cumi-cumi, udang, atau ikan kecil. Umpan cumi-cumi yang telah dipotong dapat diberikan ketika kondisi air laut jernih sehingga banyak ikan yang akan berpindah ke kawasan tepi. Sedangkan ketika kondisi perairan laut sedang keruh, Anda dapat memanfaatkan umpan berupa udang dan ikan kecil. Sementara itu, umpan yang paling jitu untuk mancing di tengah laut ialah cumi-cumi yang masih utuh.

Setelan Alat Pancing

Terdapat 2 (dua) model setelan alat pancing yang mampu diterapkan untuk memancing di lautan dengan kedalaman kuran dari 100 meter. Yang pertama ialah rangkaian umpan gantung, di mana posisi umpan nantinya terletak di antara permukaan air laut dan dasar laut dengan memakai lebih dari dua mata kail. Rangkaian ini biasanya digunakan untuk memancing ikan barakuda, tongkol, dan bawal. Dan setelan yang kedua yaitu rangkaian umpan di atas permukaan, di mana posisi umpan berada di bawah pelampung dengan jarak sekitar 2-3 meter. Kebanyakan pemancing membuat setingan ini untuk menerima ikan layur dan cakalang.

Mancing dengan Umpan Buatan

ikan hias – Umpan buatan mampu juga dimanfaatkan untuk memancing ikan di perairan laut. Umpan ini umumnya terbuat dari materi plastik yang mengkilap, berwarna cerah, dan memiliki bentuk yang beraneka rupa. Anda mampu menerima umpan buatan ini di toko pemancingan terdekat. Saran kami, belilah umpan buatan yang tampilannya mencolok dan bobotnya cukup berat semoga posisinya ketika di dalam air lebih stabil.

Jangan Pernah Memancing ketika Terang Bulan

Kenapa tidak boleh memancing di laut pada waktu bulan sedang bersinar terang? Sebab kondisi air laut ketika terperinci bulan ini biasanya lebih cerah. Hal tersebut akan memudahkan ikan predator dalam mencari mangsanya dan mengenali umpan pancing. Makara Anda tidak bakal memeperoleh hasil yang maksimal kalau memaksakan diri memancing ketika terperinci bulan.

Utamakan Keamanan dan Keselamatan

Ihwal yang tak kalah penting ialah selalu mengutamakan faktor keamanan dan faktor keselamatan pada ketika memancing di laut. Hindari memancing pada waktu ekspresi dominan penghujan ketika angin muson barat tengah bertiup. Hal ini dikarenakan risiko terjadinya kecelakaan lebih tinggi mengingat banyaknya angin puting-beliung yang akan terjadi di tengah lautan.